Kamis 08 Sep 2016 08:21 WIB

Cuci dengan Mesin atau Tangan, Mana Lebih Efektif?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Mencuci piring
Foto: flickr
Mencuci piring

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi di University of Bonn, Jerman menemukan bahwa mencuci piring dengan tangan menggunakan rata-rata 27 galon air dan 2,5 kWh energi listrik. Angka ini setara dengan memanaskan air dan menggunakan pengering rambut, sekitar 2,5 jam.

"Sebagai perbandingan, sebuah mesin cuci piring hemat energi menggunakan sekitar empat galon air dan listrik 1kWh," tulis tim peneliti dalam laporannya, dilansir dari Eating Well, Kamis (8/9).

Mesin cuci piring bisa menghemat 400 jam kerja dalam setahun. Para peneliti juga menemukan bahwa mesin pencuci piring juga lebih bersih dan higienis dibandingkan mencuci dengan tangan. Cara ini selain menghemat uang juga bisa mengemisi karbon.

Mesin pencuci piring modern sudah ditambah sejumlah fitur berteknologi tinggi, seperti semprotan jet air, hingga desain rak. Semua disiapkan untuk meningkatkan kinerja penggunanya.

Meski mesin pencuci piring unggul dalam hal menyimpan energi, tetap saja ada faktor penghambat yang perlu diperhatikan. Setelah selesai makan, Anda sebaiknya memisahkan sisa makanan di piring sebelum memasukkannya ke dalam mesin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement