Rabu 27 Jan 2016 06:13 WIB

Iiih... Hotel Mewah Ternyata Lebih Berkuman dari Hotel Bintang 3

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Kamar hotel berbintang/ilustrasi
Foto: pixabay
Kamar hotel berbintang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah situs perencana perjalanan Travel Math mengirimkan tim ke sembilan hotel berbeda. Dikutip dari Travel and Leisure, Rabu (27/1), tim itu mengambil 36 sampel untuk menguji kadar kotoran di balik kemilau sebuah kamar hotel.

Di setiap kamar, mereka memeriksa remote control, kamar mandi, meja, dan telepon. Apa yang mereka temukan ternyata membuat para pelancong perlu menambah lap pembersih dalam daftar bawaan mereka.

Hasil penelitian itu membuktikan hotel-hotel ternyata memiliki banyak kuman. Dan yang lebih mencengangkan, hotel-hotel berbintang empat dan lima justru lebih berkuman ketimbang hotel bintang tiga.

Kajian itu menyatakan, kebanyakan kuman ditemukan di meja kamar mandi hotel bintang empat dengan lebih dari 2,5 juta tingkat bakteri dalam unit koloni. Sementara remote control hotel bintang lima menempati peringkat kedua dengan 2 juta bakteri.

Meski kebanyakan kuman yang ditemukan tidak berbahaya, sebaiknya Anda tetap rutin mencuci tangan usai menyentuh meja kamar mandi atau remote TV sebelum makan.

Sebagai catatan, penemuan ini bukan rujukan ilmiah bahwa semua hotel berbintang memiliki kadar kuman tinggi. Akan tetapi, ini bisa menjadi pengingat yang baik untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak tertipu dengan tampilan "bersih" sebuah hotel.

(baca: Istana Maharaha Jadi Hotel Terbaik 2016 Pilihan TripAdvisor)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement