Jumat 17 Nov 2023 13:51 WIB

Fakta Hotel yang Jarang Diketahui: Area Ini Ternyata Lebih Kotor dari Dudukan WC

Bakteri di area ini bisa 55 ribu kali lebih banyak dari dudukan WC.

Rep: Umi Nur Fadhilah / Red: Qommarria Rostanti
Kamar mandi hotel (Ilustrasi). Beberapa area di hotel ternyata lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Kamar mandi hotel (Ilustrasi). Beberapa area di hotel ternyata lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Banyak tamu yang mungkin pernah menemukan sesuatu yang tidak diinginkan di kamar hotel, misalnya, rambut yang tersangkut atau noda di seprai. Laporan terbaru dari USA Today mengungkap, bahkan hotel bintang 5 pun dapat memiliki permukaan yang sangat kotor, terutama di area seperti kamar mandi dan tempat dengan aktivitas tinggi.

Baca Juga

Menurut laporan yang dilakukan oleh WaterFilterGuru.com, pembersihan kamar hotel tidak selalu berarti disinfeksi. Tes usap yang dilakukan oleh WaterFilterGuru.com menunjukkan bahwa area-area berikut ini memiliki tingkat kuman yang sama dengan dudukan toilet atau WC, bahkan lebih banyak.

Dalam laporan tersebut, perwakilan dari WaterFilterGuru.com, Kathleen Wong, mencatat area seperti keran wastafel, kepala shower, dan bathtub, memiliki jumlah bakteri yang mencengangkan. Sebagai contoh, keran wastafel memiliki bakteri lebih dari 55 ribu kali lipat dibandingkan dudukan toilet. Kepala shower di hotel memiliki bakteri 25 ribu kali lipat dibandingkan dengan dudukan toilet dan bathtub hotel memiliki bakteri 40 ribu kali lebih banyak dibandingkan dengan dudukan toilet.

 

Meskipun angka-angka ini terdengar mengkhawatirkan, tes juga menemukan bahwa kamar mandi di home-sharing rata-rata mengandung bakteri tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan kamar mandi hotel. Namun, para ahli menyatakan bahwa sementara beberapa bakteri mungkin tidak berbahaya, tetap penting untuk menjaga kebersihan.

Presiden & CEO di WaterFilterGuru.com, Brian Campbell, menekankan meskipun gagasan keran wastafel dapat sama terkontaminasinya dengan dudukan toilet terdengar meresahkan, praktik kebersihan yang baik tetap menjadi kunci untuk menghindari potensi masalah kesehatan. Dia menyarankan praktik kebersihan yang baik seperti menjaga kebersihan tangan.

"Risiko penularan dari kontak biasa umumnya rendah. Namun, ide bagus untuk selalu menjaga kebersihan tangan,” kata Campbell, dilansir Insidehook, Kamis (16/11/2023). Sebagai tindakan pencegahan, tidak ada salahnya menyimpan tisu desinfektan di dalam tas dan tetap menjaga kebersihan diri, termasuk mandi dengan hati-hati di kamar mandi hotel.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement