Senin 29 Jan 2024 12:00 WIB

Biaya Tambahan 'Tersembunyi' yang Jarang DIsadari Tamu Hotel, Perhatikan Agar tak Terkecoh

Mungkin banyak calon tamu hotel yang tidak menyadarinya biaya-biaya tambahan ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Kamar hotel (ilustrasi). Ada beberapa biaya tambahan hotel yang jarang disadari tamu.
Foto: www.freepik.com
Kamar hotel (ilustrasi). Ada beberapa biaya tambahan hotel yang jarang disadari tamu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat akan melancong dan melakukan pemesanan hotel secara langsung atau via aplikasi, penting untuk memastikan tidak ada biaya tambahan "tersembunyi" yang akan membebani di akhir. Mungkin banyak calon tamu hotel yang tidak menyadarinya biaya-biaya tambahan ini. Apa saja itu?

Berikut ini beberapa biaya yang perlu dipastikan calon wisatawan, dikutip dari laman Which, Senin (29/1/2024):

Baca Juga

1. Kedok biaya pembatalan gratis

Sebagian hotel menawarkan tarif pembatalan gratis saat memesan akomodasi, namun ternyata membebankannya pada biaya menginap yang lebih mahal. Di salah satu jaringan hotel, untuk mendapat pembatalan gratis, biaya menginap per malam bertambah jauh lebih besar dibandingkan tarif kamar yang biasa. 

2. Check-in awal atau check-out terlambat

Tamu terkadang dikenakan biaya untuk ini, sehingga perlu mengetahui berapa besarannya supaya dompet tidak terbebani. Ada jaringan hotel dengan biaya check-in awal atau check-out terlambat cukup terjangkau, tapi ada juga yang menguras kantong.

3. Sarapan tambahan

Jika pemesanan kamar tidak termasuk paket sarapan, cari informasi atau tanyakan terlebih dahulu biaya sarapan untuk satu orang. Sebagian besar jaringan hotel dengan harga lebih rendah dan banyak jaringan hotel kelas atas mengenakan biaya untuk sarapan, dengan harga beragam.

4. Biaya wifi

Banyak hotel menyediakan akses Wifi, yang artinya gratis untuk tamu. Namun, selalu ada pengecualian, apalagi jika melancong ke luar negeri yang punya ketentuan berbeda. Tanyakan ke pihak hotel mengenai biaya pemakain Wi-Fi, supaya tidak kaget ketika ada biaya internet yang dikenakan.

5. Biaya layanan tambahan

Beberapa hotel kelas atas secara otomatis menambahkan biaya layanan tambahan ke tagihan tamu. Misalnya, ada hotel kelas atas menambahkan lima hingga 15 persen biaya layanan setiap kali tamu memesan makanan dan minuman. Biaya ini biasanya tertera di buku menu, tapi dalam huruf berukuran kecil.

6. Biaya kebersihan

Kebanyakan hotel tidak mengenakan biaya untuk membersihkan kamar yang ditinggali tamu. Namun, ada jaringan hotel yang meminta tamu membayar jika mereka ingin kamar mereka 'ekstra bersih' selama menginap. Tamu juga akan dikenakan biaya jika meninggalkan koper selama beberapa jam setelah check-out.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement