Senin 29 Jan 2024 08:42 WIB

Google Doodle Hari Ini: Aminah Cendrakasih, Siapa Dia?

Laman depan Google menampilkan gambar Aminah Cendrakasih.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Google Doodle menampilkan gambar aktris Aminah Cendrakasih pada Senin (29/1/2024).
Foto: Dok. Google
Google Doodle menampilkan gambar aktris Aminah Cendrakasih pada Senin (29/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat membuka laman Google pada Senin (29/1/2024), terpampang gambar dari sosok perempuan yang mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Laman depan mesin pencarian itu menampilkan doodle aktris Indonesia, almarhumah Aminah Cendrakasih.

Potret karikatur pemeran Mak Nyak di sinetron "Si Doel" tersebut digambarkan di dalam sebuah televisi lawas, mengenakan tudung kepala khasnya. Di sekeliling gambar Aminah, terdapat aksen bunga dengan latar bernuansa jingga. Saat gambar diketuk, muncul berbagai informasi tentang profil Aminah semasa hidupnya.

Baca Juga

"Doodle ini merayakan Aminah Cendrakasih, aktris ikonik Indonesia yang terkenal karena perannya sebagai Lela dalam serial televisi "Si Doel Anak Sekolahan". Dia muncul di hampir 120 film sepanjang lima dekade kariernya," demikian bunyi keterangan Google.

Sosok Aminah menjadi Google Doodle sebab hari ini, 29 Januari, adalah tanggal kelahirannya. Aminah lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 29 Januari 1938, dari pasangan pelawak Husin Nagib dan aktris Wolly Sutinah. Sejak remaja, Aminah mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarier di dunia hiburan.  

Baca juga: Innalillahi, Mak Nyak Si Doel Aminah Cendrakasih Meninggal Dunia

Pada tahun 1955, dalam usia 17 tahun, dia membuat penampilan debutnya di film Oh, Ibuku. Pada tahun yang sama, dia berakting bersama ibunya dalam film Gambang Semarang. Baru di film yang ketiga, Aminah mendapatkan peran utama, yakni dalam film Ibu dan Putri (1955).

Penampilan karismatiknya di sinema Serampang 12 semakin memikat penonton di seluruh Indonesia. Ketenaran Aminah terus meroket setelah itu. Selama beberapa dekade berikutnya, Aminah mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal.

Perannya yang ikonik dan sangat dikenal lintas generasi adalah sebagai Mpok Lela atau biasa disapa Mak Nyak dalam serial "Si Doel Anak Sekolahan". Berkat kiprahnya, Aminah memenangkan banyak penghargaan, termasuk Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Indonesian Movie Actors Awards.

Aminah tutup usia pada 21 Desember 2022 dalam usia 84 tahun, tetapi sosok dan karyanya terus terkenang. "Selamat ulang tahun, Aminah Cendrakasih!  Film dan acara Anda terus menyenangkan pemirsa di seluruh dunia," tulis Google dalam keterangannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement