Selasa 19 Jan 2016 15:38 WIB

Ini Ciri Warna Daging yang Paling Segar

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Daging merah
Foto: flickr
Daging merah

REPUBLIKA.CO.ID, Daging sapi sering kali dinilai sebagai makanan yang cukup mahal di kalangan masyarakat. Dengan harga yang cukup membumbung, maka disayangkan jika mendapatkan daging tidak laik konsumsi.

Chief Representative Meat & Livestock Australia Isye Iriani menjelasakan cara melihat daging yang baik dan segar nampak dari guratan putih di atas daging atau dikenal dengan marbling. Guratan putih tersebut merupakan lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi dan memberikan efek gurih ketika dimasak.

Kesegaran daging juga dapat dilihat dari warnanya yang masih kemerahmudaan. Bukan berwarna merah tua bahkan hitam.

"Kalau merah tua atau hitam itu sudah teroksidasi namanya," kata Isye, Kamis (19/1).

Isye juga menyarankan untuk mencium dari bau daging yang sedang dipilih. Karena dengan bau akan sangat mudah membedakan daging segar dan daging yang sudah tidak layak konsusmi.

Menurutnya, daging segar akan memiliki bau khas daging, berbeda dengan daging yang sudah tidak laik akan berbau busuk dan eneg. Tapi, dia memberi peringatkan jika saat ini banyak juga daging yang sudah direkayasa dan masih sulit untuk dibedakan secara kasat mata.

Menurut Isye, dengan cara memakannya baru akan terasa perbedaan daging segar dengan daging yang sudah mendapatkan rekayasa. Bagaimana pun daging segar akan memilki sensasi menggigit daging, tidak mungkin daging memilki tekstur sama dengan tahu.

(baca: Makan Dilayani Drone? Yuk, ke Singapura)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement