Senin 18 Jan 2016 09:19 WIB

Chateau d'Usse, Sebuah Kastil yang Menjadi Inspirasi Dongeng Putri Tidur

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri
Chateau d'Usse, di Paris Prancis
Foto: Amusing Planet
Chateau d'Usse, di Paris Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, Di tepi hutan Chinon, Komune, Prancis, terletak sebuah benteng yang telah ada sejak abad ke-15. Pada awalnya bangunan ini dibangun pada abad ke-11, namun perlahan dikembangkan menjadi sebuah rumah hunian yang indah.

Dilansir Amusingplanet Senin (18/1) bangunan yang dinamakan dengan Chateau d'Usse ini pun mulai terkenal. Berbagai kalangan masyarakat Prancis pun berdatangan. Salah satunya adalah penulis dongeng bernama Charles Perrault.

Ia yang terkenal sebagai pembuat dongeng Sleeping Beauty atau Putri Tidur ini bermalam di Chateau d'Usse. charles pun merasa gambaran dari bangunan yang bentuknya menyerupai kastil dan begitu indah ini sangat sesuai menjadi tema dari cerita dongeng tersebut.

Sejak itulah, dongeng tersebut lahir dan digambarkan bahwa sang putri tidur yang tinggal di kastil persis seperti Chateau d'Usse. Perlu diketahui, bangunan yang bermula dari sebuah benteng ini didirikan oleh prajurit Viking pada sekitar 1000 masehi.

Seiring berjalannya waktu, pasukan tersebut mulai meninggalkan bangunan ini. Keluarga Espinay pun membeli kastil di abad ke-15 dan menjadikan bangunan tersebut bergaya Renaissance, italia.

Setelah dua abad berlalu, Chateau d'Usse dimiliki oleh Louis Bernin de Valentinay. Ia pun memberi perubahan lebih indah pada bangunan, yaitu menjadikannya lebih moderen. Belum lagi, penambahan taman seitar 600 hektar yang dirancang oleh arsitek lanskap terkenal bernama Versailles.

Kini, kastil indah itu pun dimiliki oleh Blacas d'Aulps. Sejak dibeli pada 1802 lalu, tidak banyak lagi perubahan yang diberikan untuk Chateau d'Usse. Namun, ia melengkapi interior bangunan dengan peabotan dan furnitur abad ke-18. Bahkan, terdapat manekin yang mengenakan kostum bergaya abad tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement