Kamis 17 Dec 2015 10:35 WIB

Album 'Thriller' Michael Jackson Tembus 30 Juta Kopi

Michael Jackson
Foto: .
Michael Jackson

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- 30 tahun setelah dirilis, album "Thriller" mendiang Michael Jackson masih mencetak rekor. Kini, enam tahun setelah kematian Jackson, album itu menjadi yang pertama dalam sejarah menembus angka penjualan 30 juta di AS.

"Thriller" dirilis pada 1982. Di dalamnya berisi tujuh lagu populer termasuk "Billie Jean", dan "Beat It". Album itu telah menembus penjualan 20 juta kopi di AS pada 1984 selama bertengger 112 pekan di tangga album Billboard.  

Popularitas Jackson rupanya tidak berhenti meski ia meninggal pada 2009 akibat overdosis. King of Pop ini tetap menjadi artis dengan rekaman terlaris sepanjang masa.

"RIAA telah menganugerahi gold dan platinum records untuk bisnis musik selama nyaris 60 tahun, tapi ini pertama kalinya seorang artis menembus 30x multi-platinum," kata Ketua dan Chief Executive Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) Cary Sherman dalam pernyataan dikutip Reuters.

"Thriller" juga menembus penjualan 100 juta kopi di seluruh dunia, kata RIAA. Sedangan menurut Nielsen Music, "Thriller" telah terjual lebih dari 2,1 juta unit di AS sejak kematian Jackson.

Album terlaris kedua sepanjang masa setelah "Thriller" adalah "Their Greatest Hits 1971-1975," dari Eagles yang terjual 29 juta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement