Senin 04 Dec 2023 06:45 WIB

BTS Disinggung dalam Film Dokumenter Terbaru Michael Jackson, Ada Apa?

Sebuah film dokumenter terbaru mengangkat kembali kisah Michael Jackson.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Grup KPop BTS disebut terpengaruh kuat oleh Michael Jackson, khususnya dalam gerakan tarian yang kuat, dengan lagu hit mereka Dynamite.
Foto: Wikimedia
Grup KPop BTS disebut terpengaruh kuat oleh Michael Jackson, khususnya dalam gerakan tarian yang kuat, dengan lagu hit mereka Dynamite.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Pada November 1982, album legendaris Thriller milik bintang pop Amerika, Michael Jackson, merajai tangga lagu dan memecahkan rekor sebagai album terlaris sepanjang masa. Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-40 album tersebut, Thriller 40 diterbitkan ulang pada 2022.

Kini, setahun kemudian, sebuah film dokumenter terbaru yang mengangkat kembali warisan legendaris Michael Jackson, Thriller 40, telah memicu perhatian khusus di kalangan penggemar K-pop karena peran khusus yang dimiliki oleh BTS. Film dokumenter ini memaparkan wawancara dan reaksi dari berbagai tokoh musik dan budaya, termasuk eksekutif musik, penari profesional, produser legendaris, aktor, dan sesama musisi serta penyanyi.

Baca Juga

Mereka semua memberikan pandangan mereka tentang warisan "Raja Pop" yang tak terlupakan. Salah satu momen yang mencuri perhatian dalam film tersebut adalah fokus khusus pada sensasi global K-pop, BTS. Para penonton dibuat terkesima oleh bagaimana BTS mendapat penghargaan dan sorotan khusus dalam film ini.

Seorang jurnalis musik dan budaya, Steven Ivory, membenarkan pengaruh yang dimiliki BTS dari Michael Jackson, khususnya dalam gerakan tarian yang kuat, dengan lagu hit mereka "Dynamite" yang menampilkan inspirasi dari Jackson. “Saya setuju soal BTS," kata Ivory, dilansir Koreaboo, Senin (4/12/2023).

 

Seorang kritikus musik dan budaya, Nelson George juga menyoroti pengaruh besar Michael Jackson dalam industri K-pop, termasuk aspek penampilan, koreografi, dan desain pakaian. Reaksi positif dari komunitas penggemar BTS, Army tak terelakkan ketika mereka melihat grup favorit mereka diakui dalam film dokumenter ini. Video perbandingan gerakan tarian antara "Dynamite" BTS dan gerakan tarian ikonis Michael Jackson menjadi salah satu momen yang mencuri perhatian.

Ini bukan kali pertama BTS dihubungkan dengan penghormatan terhadap Michael Jackson. Sebelumnya, putra mendiang Michael Jackson, Prince Jackson, juga telah mengungkapkan penghargaannya terhadap BTS atas penghormatan yang mereka tunjukkan kepada sang legenda pop.

Reaksi antusias dari Army menunjukkan bagaimana apresiasi terhadap karya seni BTS terus diakui oleh nama-nama besar dalam industri musik global, sehingga mengukuhkan posisi mereka sebagai ikon global dalam seni dan kreativitas musik. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement