Selasa 24 Nov 2015 08:10 WIB

5 Cara Sehat Makan Junk Food

Pilih dada ayam organik dan panggang ayam sebagai pilihan yang lebih sehat untuk merasakan ayam goreng yang renyah.
Foto: flickr
Pilih dada ayam organik dan panggang ayam sebagai pilihan yang lebih sehat untuk merasakan ayam goreng yang renyah.

REPUBLIKA.CO.ID, Godaan makanan yang kurang sehat sulit ditolak. Gorengan yang renyah, gurih, atau sepotong kue manis yang kaya krim dan gula.

Tapi ada beberapa cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mengganti makanan kurang sehat dengan pilihan yang lebih baik bagi tubuh. Pakar nutrisi Lisa Guy, dikutip dari Body and Soul, Selasa (24/11), membagi triknya mengubahan makanan junk food jadi lebih baik bagi tubuh.

Kuncinya terletak di rasa, minus lemak. Junk food sehat tapi tetap enak.

Ayam goreng

Ada beberapa cara mengubah ayam goreng menjadi versi yang lebih sehat. Misalnya dengan menggunakan dada ayam organik. Celup ayam di telur lalu balur dengan tepung roti yang dicampur tepung almond dengan tambahan rempah kering dan keju parmesan. Jangan goreng tapi panggang di oven.

Cokelat

Ketimbang meraih sebatang cokelat yang kaya kalori dan gula, pilih dark chocolate berkualitas. Dark chocolate kaya antioksidan yang baik bagi jantung. Atau ganti dengan carob yang bebas gula, makanan ini merupakan sumber kalsium yang baik.

Kentang goreng

Ganti kentang yang direndam dalam gorengan minyak dengan ubi yang dipanggang dengan tambahan sedikit minyak kelapa atau zaitun dan diberi rasa dengan garam laut. Tak hanya lezat tapi juga kaya betakaroten dan serat. Ini adalah pilihan sehat ketimbang french fries yang biasanya penuh lemak trans dan garam.

Keripik kentang

Keripik ini kaya sodium, kalori, dan lemak tidak sehat. Buat sendiri versi sehatnya dnegan memotong tipis kentang, uni, atau bit. Lalu balur dengan sedikit minyak kelapa dan garam. Panggang minimal 30 menit di oven 180 derajat celcius, saat sudah 15 menit di oven balik sisi kentang. Dinginkan dulu sebelum dimakan.

Es krim

Cara tersehat makan es krim adalah dengan mendinginkan buah, misalnya pisang dan berry yang lalu diblender hingga lembut. Tambahkan bahan sehat seperti almond, vanila, madu, atau kelapa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement