Senin 09 Nov 2015 12:31 WIB

Lima Bahan untuk Racikan Cold Brew Coffee Terenak

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Es kopi dingin digemari banyak orang, tapi tak selalu pergi ke kedai kopi untuk bisa menikmatinya. Buatan sendiri pun bisa tak kalah sedapnya.
Foto: AP
Es kopi dingin digemari banyak orang, tapi tak selalu pergi ke kedai kopi untuk bisa menikmatinya. Buatan sendiri pun bisa tak kalah sedapnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Katanya, ada tiga hal penting harus ada dalam segelas minuman kopi dingin. Rasa kopi yang kentara, dingin yang kuat, dan segera tersaji di tangan Anda. Sayangnya harga segelas kopi dingin kerap tak masuk akal bila Anda kebetulan sedang tidak mengantungi bujet yang cukup.

Meracik sendiri minuman kopi dingin di rumah padahal bukan hal susah. Hanya cukup bahan-bahan ini untuk membuatnya sendiri di rumah. Bonusnya, Anda tidak perlu ke rumah dan mengenakan baju bagus hanya untuk menikmati kopi dingin kegemaran. (baca: Cold Brew, Tren Teranyar Minuman Kopi Dingin)

Sirup gula

Dilansir dari laman Bonappetit, gula butiran tidak akan larut dengan baik dalam cairan dingin. Karena itu kedai kopi besar menyiapkan sirup gula untuk mempermanis minuman dingin, seperti kopi. Ciptakan rasa yang lain dengan menambahkan kayu manis di sirup gula cair Anda, saring sebelum pendinginan.

Rasa pelengkap lainnya untuk es kopi meliputi kapulaga, pala, hingga rosemary. Allie Caran, kepala pendidikan di Estate Toby  di Brooklyn, mengatakan bahwa lavender dan kombinasi kemangi dan mint juga menyegarkan dan bisa berhasil untuk kopi dingin.

Susu kelapa

Santan bukan sekadar berguna memasak kari, gulai, atau rendang. Santan bisa menambah rasa manis dan bisa menggantikan susu pada es kopi. Simpan di air es sebelum menambahkannya ke kopi.

Air kelapa

"Campur cold brew coffee dengan rasio yang sama dengan air kelapa. Rasanya, seperti susu cokelat!" kata Solomon Olmstead, seorang barista di Cafe Grumpy di New York.

Es batu

Gemar rasa kopi yang kuat, bekukan cold brew coffee dalam cetakan es batu dan tambahkan ke cold brew dingin Anda. Atau tambahkan es batu tapi dalam ukuran besar agar tidak mudah meleleh dan menjaga rasa kopi tetap kuat sekaligus sangat dingin.

Es kopi berbusa

Tuang kopi dingin Anda ke shaker koktail dengan es batu dan sirup sederhana dan kocok keras. Gunakan kekuatan otot saat mengocoknya. Ketika dituang kopi akan menghasilkan busa lembut meski tidak mengandung susu sama sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement