Selasa 04 Jul 2023 06:30 WIB

Minum Kopi Bikin Segar, Ternyata Bukan Cuma Berkat Kafeinnya

Rasa segar yang setelah minum kopi sering kali dikaitkan dengan kandungan kafein.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman kopi (ilustrasi). Efek menyegarkan setelah minum kopi tak hanya berasal dari kafein saja.
Foto: Wikimedia
Minuman kopi (ilustrasi). Efek menyegarkan setelah minum kopi tak hanya berasal dari kafein saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa segar yang muncul setelah minum kopi sering kali dikaitkan dengan kandungan kafein pada minuman tersebut. Namun, menurut studi terbaru, rasa segar setelah minum kopi ternyata tak hanya disebabkan oleh kafein.

Studi terbaru ini dilakukan oleh tim peneliti dari School of Medicine di University of Minho, Portugal. Studi ini dilakukan untuk mengetahui efek meminum kopi pada otak.

Baca Juga

Dalam studi ini, tim peneliti melibatkan 83 orang dewasa sebagai partisipan. Para partisipan lalu dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 47 orang dan kelompok kedua terdiri dari 36 orang.

Saat studi berlangsung, kelompok pertama menjalani tes pemindaian MRI sebelum meminum kopi. Mereka lalu menjalani tes pemindaian MRI kedua, sekitar 30 menit setelah meminum secangkir kopi.

Kelompok kedua menjalani tes pemindaian MRI yang sama. Namun, alih-alih meminum kopi, mereka meminum kafein murni yang dilarutkan dengan air hangat.

Hasil studi menunjukkan bahwa ada penurunan aktivitas pada area otak yang bertanggung jawab untuk membuat tubuh beristirahat setelah partisipan meminum kopi atau larutan kafein murni. Hal ini mengindikasikan bahwa kedua minuman tersebut dapat membantu orang-orang untuk merasa lebih segar dan siap menjalani hari.

Namun, tim peneliti juga menemukan adanya perbedaan aktivitas otak pada kedua kelompok tersebut. Hasil pemindaian MRI menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan aktivitas pada area tertentu di otak.

Area otak yang mengalami peningkatan aktivitas adalah area-area yang berkaitan dengan ingatan jangka pendek, atensi, serta fokus. Hal serupa tak ditemukan pada partisipan yang hanya meminum larutan kafein murni.

Dari temuan ini, tim peneliti menilai efek menyegarkan setelah minum kopi tak hanya berasal dari kafein saja. Menurut tim peneliti, cita rasa serta aroma kopi juga turut membantu orang-orang menjadi lebih awas dan segar, meski kopi yang mereka minum tak mengandung kafein.

Akan tetapi, rasa dan aroma kopi hanya dapat memberikan efek menyegarkan bagi orang-orang yang memang terbiasa atau suka minum kopi. Orang-orang yang jarang minum kopi mungkin tak akan merasakan efek yang sama.

Adjunct professor di bidang neurosains dari Johns Hopkins University School of Medicine, Mark Mattson, yang tak terlibat dalam studi menilai temuan ini tak mengejutkan. Alasannya, orang-orang kerap membangun hubungan dengan pengalaman sensori tertentu yang kemudian mempengaruhi reaksi mereka.

Dalam hal kopi, orang-orang kerap menghubungkan aroma dan rasa kopi dengan perasaan siap dan berenergi. Oleh karena itu, mereka bisa merasa lebih segar setelah terpapar oleh aroma dan rasa kopi.

"Ketika Anda meminum kopi, Anda mengaktivasi area otak yang terlibat dalam persepsi rasa kopi (dan) persepsi aromanya," ungkap Mattson, seperti dilansir NBC News pada Senin (3/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement