Senin 19 Jun 2023 06:35 WIB

Direkomendasikan Dr Zaidul Akbar, Minum Kopi dan Makan Pisang Pasok Energi di Pagi Hari

Kopi dan pisang juga dapat dibuat menjadi smoothie

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi (ilustrasi). Minum kopi dicampur dengan buah pisang di pagi hari disebut lebih bermanfaat daripada sekadar kopi hitam.
Foto: www.freepik.com
Kopi (ilustrasi). Minum kopi dicampur dengan buah pisang di pagi hari disebut lebih bermanfaat daripada sekadar kopi hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin memulai hari dengan sesuatu yang memberi Anda energi sekaligus bermanfaat bagi kesehatan? Smoothie kopi dan pisang jawabannya. Dokter Zaidul Akbar melalui saluran Youtube-nya juga merekomendasikan minum kopi dan makan pisang di pagi hari.

Banyak orang menyukai smoothie karena rasanya yang enak dan lembut. Selain itu, minuman ini juga menyehatkan karena merupakan sumber protein dan lemak sehat. Protein dalam smoothie dapat membantu membangun dan memperkuat otot Anda.

Baca Juga

Bagaimana dengan smoothie kopi dan pisang, apakah manfaat kesehatannya? Dilansir laman Healthshots, Ahad (18/6/2023), pisang adalah sumber potasium dan serat, dan kita semua tahu serat membantu menjaga pencernaan Anda tetap pada jalurnya dan juga mengatur kadar gula darah.

Tak heran, American Diabetes Association merekomendasikan makan pisang secara rutin karena kandungan seratnya. Kalium memastikan jantung Anda tetap sehat, sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuang racun.

Sementara kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, bisa bermanfaat bagi jantung. The Nurses' Health Study menjelaskan minum kopi menurunkan risiko strok sebesar 20 persen dari waktu ke waktu.

Selain memasukkan pisang dan kopi dalam smoothie, Anda juga bisa memberi topping pada smoothie dengan biji chia yang kaya akan asam lemak omega-3. Biji chia bisa mengurangi risiko serangan jantung dan strok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement