Senin 19 Jun 2023 00:20 WIB

Dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Kopi dan Makan Pisang di Pagi Hari, Apa Manfaatnya?

Coffee banana smoothies cukup mudah untuk dibuat di rumah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi (ilustrasi). Minum kopi dicampur dengan buah pisang di pagi hari disebut lebih bermanfaat daripada sekadar kopi hitam.
Foto: PixaHive
Kopi (ilustrasi). Minum kopi dicampur dengan buah pisang di pagi hari disebut lebih bermanfaat daripada sekadar kopi hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang memulai hari dengan menyeruput kopi hangat. Agar asupan yang dikonsumsi lebih bermanfaat, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk mengonsumsi kopi dan pisang.

Dalam saluran Youtubenya, dr Zaidul menyebutkan bahwa kopi merupakan salah satu pembakar lemak yang baik. Syaratnya, jangan pakai gula. Baginya, kopi juga bisa menjadi mood booster, apalagi dijka ditambahkan dengan cokelat.

Baca Juga

Selain kopi, salah satu jenis makanan terbaik yang bisa dikonsumsi di pagi hari, menurut dr Zaidul, adalah pisang. Buah ini berperan untuk memberikan sensasi perasaan yang nyaman.

"Pisang salah satu produsen hormon (serotonin) dan dia mengandung bahan yang bisa membuat tubuh kita lebih bahagia," ungkapnya.

Dokter Zaidul merekomendasikan pisang yang sudah ada titik-titik hitam pada kulitnya. Buah yang seperti itu mengandung homon kebahagiaan yang tinggi.

"Jadi kalau anda ingin makan pisang, cari pisang yang sudah ada titik-titiknya," ujar dr Zaidul.

Selain buahnya, kulit pisang menurut dr Zaidul mengandung hormon kebahagiaan yang tidak kalah tingginya. Oleh karena itu, ia menyarankan jika Anda ingin makan pisang, maka makan dengan kulitnya. Jika sulit, Anda bisa menghaluskannya dengan blender.

"Diblender, kasih kurma sedikit, jadi deh smoothies pisang, itu nikmat sekali," ujarnya seraya menyebut bahwa secara teori, pisang bisa bikin bahagia karena mengandung serotonin sangat tinggi.

Jika Anda ingin menikmati manfaat kopi dan pisang sekaligus dalam satu jenis minuman, Anda bisa membuat coffee banana smoothies. Bagaimana cara membuatnya?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement