Senin 09 Nov 2015 12:02 WIB

Resep Cold Brew Coffee Ala Jamie Oliver

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Membuat sendiri cold brew coffee tidak sulit, yuk mencobanya.
Foto: pixabay
Membuat sendiri cold brew coffee tidak sulit, yuk mencobanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Membuat sendiri minuman kopi dingin ala cold brew bukan hal yang sulit. Juru masak ternama Jaime Oliver membagi resepnya, dikutip dari lamannya jamieoliver.com.

Ada beberapa metode cold brew coffe di rumah. Dari satu rumus dasar, yakni air dingin, bubuk kopi, dan perendaman semalam, berbagai varian rasa bisa diperoleh. Mengubah varibel rumus akan menghasilkan rasa yang berbeda. Misalnya memilih bubuk kopi yang halus ketimbang yang kasar, atau dengan rasio air dingin yang lebih banyak.

Memang di beberapa toko, mesin pembuat cold drip coffee tersedia. Tapi Jamie mengatakan, Anda sesungguhnya tidak perlu membeli banyak perkakas. Yang diperlukan cukup panci besar, mangkuk besar, saringan, dan selembar kain muslin atau gulungan handuk kertas. (baca: Jaime Oliver: Cold Brew Metode Terbaik Hasilkan Kopi Dingin)

Cara membuatnya, pertama giling kopi. Lakukan hingga teksturnya seperti remah roti. Bubuk yang terlalu halus menghasilkan air kopi yang agak keruh. Sterilkan bubuk kopi dalam toples.

Lalu, tuang bubuk kopi ke panci dengan rasio satu banding delapan. Untuk satu cangkir kopi dibutuhkan delapan cangkir air dingin. Aduk perlahan sampai tercampur, kemudian tutup dan biarkan selama 18 hingga 24 jam. Anda bisa memilih menyimpannya di kulkas atau suhu ruangan.

Setelah masa perendaman berakhir, saring beberapa kali. Lakukan sampai ampas kopi tidak tampak air kopi.

Sajikan dengan es, bersama susu dan gula jika itu yang Anda inginkan. Simpan sisanya kembali ke kulkas. Penyimpanan yang baik membuat cold brew coffee bisa bertahan hingga satu bulan karena faktor keasamannya yang rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement