Senin 09 Nov 2015 11:18 WIB

Cold Brew, Tren Teranyar Minuman Kopi Dingin

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Es kopi dingin bisa dibuat dengan cara biasa atau menggunakan teknik cold brew coffee.
Foto: recipegirl
Es kopi dingin bisa dibuat dengan cara biasa atau menggunakan teknik cold brew coffee.

REPUBLIKA.CO.ID, Selalu ada sesuatu yang baru yang di dunia kuliner, termasuk bagi minuman kopi.

Cold brew atau cold drip coffee menjadi salah satu minuman yang sedang naik daun. Secangkir kopi dingin memang cocok untuk cuaca panas. Diminum hitam atau dengan susu, keduanya banyak penggemarnya.

Namun, apa bedanya cold brew coffee dengan es kopi biasa?

Cold brew coffee, dikutip dari Daily Meal, sekilas tidak berbeda dengan es kopi. Keduanya sama-sama tersaji dengan es batu. Bagaimana cara membuatnya menjadikan cold brew lain dengan es kopi biasa.

Menurut Coffee Concierge, dalam kebanyakan kasus jika Anda memesan es kopi kemungkinan besar kopi tidak diracik dengan cara cold brew.

Ketika mempersiapkan es kopi, perbedaan terbesar antara keduanya dimulai dengan langkah pertama. Pembuatannya. Ketika Anda mempersiapkan es kopi, Anda menyeduh dengan air panas untuk melarutnya kopi. Kemudian, kopi diletakkan di kulkas dan dibiarkan selama beberapa jam. Setelah itu, es batu dituang di atas kopi dan minuman dinikmati bersama susu, gula, atau apa pun yang Anda inginkan.

Cold brew coffee tidak diracik dengan cara tersebut. Di sini bedanya. Minuman cold brew dibuat dengan merendam bubuk kopi menggunakan air dingin, panas. Perbedaannya akan menghasilkan rasa yang lain. Cold brew biasanya terasa lebih menyegarkan juga membuat rasa kopi lebih kentara.

Untuk mempersiapkan dengan cara yang benar, gabungkan kopi bubuk dengan air dingin di panci berukuran besar. Aduk dan tempatkan di lemari es semalam atau untuk sepanjang hari (kopi Concierge menganjurkan setidaknya 12 jam). Kemudian, saring konsentrat kopi Anda dengan kertas khusus atau kain. Jangan ragu untuk menambahkan pemanis, seperti yang Anda lakukan dengan es kopi.

Apakah Anda lebih suka es kopi atau cold brew? Selamat mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement