Rabu 04 Nov 2015 12:22 WIB

Lima Makanan Super Penambah Energi

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Pisang
Foto: Youtube
Pisang

REPUBLIKA.CO.ID, Aktivitas sehari-hari yang sangat padat dapat membuat tubuh mudah lelah dan kehilangan konsentrasi. Karenanya manfaatkan bahan makanan alami sebagai pemasok energi instan.

Agar tubuh kembali berenergi, mengonsumsi makanan yang mengandung kalori bisa menjadi alternatif.

Dikutip dari Times of India Selasa (3/11), berikut lima makanan super yang dapat membantu meningkatkan energi dan mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih sehat.

Teh Ginseng

Sejak dulu, ginseng dipercaya sebagai antioksidan yang sangat tinggi yang dapat mengobati pelbagai penyakit ringan maupun berat. Ginseng juga menjadi stimulan yang dapat meningkatkan energi dan konsentrasi. Ginseng yang sering digunakan yaitu ginseng yang sudah kering karena mudah dicampurkan dengan bahan lain, jika memang sulit menemukan ginseng kering gunakan ginseng yang masih basah dan diseduh bersamaan dengan teh. Dibuat menjadi secangkir teh ginseng hangat. Selain meningkatkan energi, ginseng juga bermanfaat sebagai penghilang stress, melancarkan aliran darah, mengatasi insomnia, meningkatkan memori otak hingga melancarkan siklus menstruasi.

Pisang

Dalam buah pisang terkandung tiga jenis gula alami sekaligus yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, yang dapat mengembalikan energi dan memulihkan tubuh dari kelelahan lebih cepat. Sehingga pisang menjadi buah pilihan bagi para atlet. Pisang mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat lain dari buah pisang yaitu membantu menjaga sistem peredaran darah tetap stabil, menormalkan fungsi jantung, mengobati diare, meringankan anemia dan menjaga kesehatan mata.

Keju Tua

Pada beberapa jenis keju semakin lama penyimpanannya, semakin baik pula nutrisinya. Dibanding dengan keju muda, keju tua lebih banyak mengandung asam amino tyramine. Tyramine adalah asam amino yang dipercaya dapat menstimulasi hormon dalam tubuh. Keju tua seperti parmesan, stilton dan keju yang bertekstur keras lainnya. Meski memiliki nutrisi yang banyak, selalu berhati-hati dalam mengonsumsi keju terutama pada orang yang memiliki alergi terhadap produk susu. Selalu batasi konsumsi dalam jumlah cukup.

Stroberi

Kandungan vitamin C dalam buah berry memang sangat banyak dan menjadi sumber antioksidan yang efektif bagi tubuh. Antioksidan juga dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menangkal radikal bebas. Stroberi banyak digunakan sebagai bahan untuk perlindungan dan perawatan kulit karena memang khasiatnya dapat meremajakan kondisi kulit agar tetap sehat. Disamping itu, stroberi juga dapat mencegah hipertensi, mencegah kanker dan melancarkan pencernaan.

Wheatgrass

Wheatgrass kaya akan sumber nutrisi, diantaranya mineral, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, protein dan 17 asam amino yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Sama seperti tumbuhan hijau lainnya, wheatgrass juga mengandung klorofil yang cukup tinggi. Wheatgrass bermanfaat mengobati berbagai penyakit seperti flu, demam, anemia, infeksi mulut, radang tenggorokan, meringankan diare dan berbagai keluhan pencernaan. Sebuah studi dari American Cancer Society tahun 2002 menyebutkan bahwa wheatgrass dapat membantu meringankan efek samping dari kemoterapi bagi penderita kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement