Jumat 30 Oct 2015 06:47 WIB

Dongeng Pancing Anak Gemar Membaca

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anak/ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ibu dan anak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dongeng memiliki banyak manfaat. Utamanya bisa meningkatkan ikatan orang tua dan anak. Dongeng juga bisa membantu pembentukan karakter dan emosi anak. Dan, baik untuk pengembangan imajinasi, pendidikan literasi, serta memasukkan nilai-nilai yang baik.

Selain itu, menurut Sony dari Winson The Storyteller Family mengatakan dongeng juga bisa memancing anak untuk gemar membaca. Apalagi di era gadget ini anak malas membaca, saran Sony, pancing dengan cerita menarik.

“Ketika bercerita tunjukkan nih buku yang menarik dan bagus untuk dongeng tuh dari sini, lama-lama dia mulai membaca. Sediakan pula buku-buku yang lain,” saran ayah dari Annabel, pendongeng cilik dalam acara takshow Festival Dongeng Internasional Indonesi (FDII), di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Sony mengatakan sebagai orang tua kita harus pandai memancing anak, agar dia mulai berani bicara di sekolah. Peran orang tua sangat penting. Salah satunya dengan mengajak anak bercerita kisah petualangan. Misalnya kisah si A, ayah mulai bercerita, besoknya ibu, lalu gantian anak, mulai dari kakak lalu adik, semua bertukar cerita.  Jika hari ini ayah cerita si A petualangan ke mana, besok ibu lainnya lagi begitu juga seterusnya.

“Lama-kelamaan anak ketagihan dan terbiasa berbicara. Kosakatanya bertambah dan percaya dirinya timbul,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, menurut Sony, dongeng juga bisa memberikan masukan kepada anak-anak mengenai bahaya narkoba dan lainnya. Lewat dongeng dan cerita yang menarik, anak akan lebih mudah paham.

Ia juga menambahkan lewat dongeng orang tua juga bisa ajarkan pula anak-anak berani bermimpi setinggi mungkin. Jangan batasi mimpi anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement