Jumat 30 Oct 2015 06:16 WIB

Anak yang Terbiasa Didongengkan Selalu Ingin Pulang

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anak
Foto: Republika/Prayogi
Ibu dan anak

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak hal yang orang tua biasa lakukan untuk menjaga kedekatan dengan anak, sekaligus menghiburnya. Salah satunya adalah dengan membacakan cerita atau berdongeng.

Ya, salah satu manfaat mendongeng adalah meningkatkan bonding atau ikatan antara ibu dan anak. Menurut Ariyo Zidni dari Komunitas Ayo Dongeng, ikatannya ini bisa bertahan sampai anak besar.

Ia menjelaskan kalau sudah terbiasa mendengar dongeng, anak akan minta cerita lagi dan lagi. Ini yang buat anak pulang ke rumah. “Kalau sering dibacakan cerita dongeng pada saatnya sudah berpisah dengan orang tuanya meskipun sudah lama sekali, maka dia akan kangen mendengarkan orang tuanya mendongeng,” ungkapnya dalam acara takshow Festival Dongeng Internasional Indonesi (FDII), di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Agar mendongeng bisa efektif Ariyo mengatakan orang tua tidak harus selalu duduk depan anak, lalu anak juga manis. Namun dongeng bisa dilakukan sambil tiduran, lalu orang tua memeluk anak dan merasakan detak jantungnya. "Ada sentuhan kulit, merasakan detak jantungnya. Membiarkan anak dekat dengan suara napas orang tua dan merasakan bau orang tuanya, meski itu habis pulang kerja," katanya.

Momen-momen seperti itu ditambahkannya, disertai pelukan dari orang tua ke anak, akan selalu dirindukan anak. Hingga ia besar sekalipun. Membuat anak selalu ingin pulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement