Senin 12 Oct 2015 01:25 WIB

Jenis Makanan yang Mesti Anda Hindari Saat Larut Malam

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Winda Destiana Putri
Daging merah
Foto: Republika/Prayogi
Daging merah

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mungkin tidak perlu melarang diri sendiri untuk memakan camilan saat merasa lapar pada larut malam. Akan tetapi, Anda masih harus berpikir cerdas ketika menyantap makanan berat terlalu malam.

Mengonsumsi makanan yang salah dapat mengganggu tidur Anda, di samping juga menambahkan banyak kalori yang tidak dibutuhkan untuk hari Anda. Berikut adalah lima jenis makanan yang harus Anda hindari pada malam hari, seperti dilansir Popsugar, Ahad (11/10).

Makanan berminyak atau berisi lemak

Mengonsumsi makanan berat dan berlemak saat larut malam tidak hanya membuat Anda merasa lesu begitu bangun pada pagi harinya. Tetapi juga membuat perut Anda bekerja ekstra keras untuk mencerna semua makanan itu. Jauhkan diri Anda dari makanan cepat saji, kacang-kacangan, es krim, atau makanan dengan kandungan keju yang tinggi tepat sebelum tidur.

Makanan tinggi karbohidrat atau makanan manis

Memakan sedikit sesuatu yang manis dalam sebelum tidur mungkin dapat membantu Anda beristirahat dengan bahagia. Akan tetapi, melahap sepotong besar kue cokelat saat larut malam bisa menyebabkan kadar gula dalam darah Anda melonjak tinggi. Pada akhirnya itu akan menganggun proses tidur Anda. Hindari cake, cookies, atau makanan penutup sarat kalori lainnya. Hindari juga makanan ringan seperti roti atau kerupuk dengan kadar tepung yang tinggi.  Santaplah buah apel sebagai gantinya.

Daging merah dan makanan mengandung protein lainnya

Seperti halnya makanan berlemak, menyantap daging merah saat larut malam juga tidak begitu baik buat perut Anda. Apalagi memakannya dalam jumlah besar, bisa membuat Anda sulit tertidur karena perut Anda harus bekerja keras untuk mencernanya. Kendati demikian, Anda tidak perlu menghindari protein sama sekali sebelum tidur. Hanya pastikan Anda mengonsumsinya dalam porsi yang kecil. 1-2 potong tempe atau secangkir yoghurt bisa Anda nikmati saat larut malam.(Bersambung)n Ahmad Islamy Jamil

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement