Senin 31 Aug 2015 07:20 WIB

Tips Mudah Bikin Sushi di Rumah

Rep: C18/ Red: Indira Rezkisari
Sushi
Foto: flickr
Sushi

REPUBLIKA.CO.ID, Membuat sushi terogolong susah tapi mudah. Langkah-langkah untuk pembuatan sushi ada baiknya diikuti untuk menjaga kelezatan hidangan masakan mentah asal Jepang tersebut.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sushi di rumah, berikut ada beberapa tips mudah kalau ingin menyajikan sushi untuk keluarga.

Gunakan bahan mentah yang masih segar

Bahan mentah yang segar tentu menjaga kualitas sushi yang bakal Anda sajikan. Henry mengatakan ada baiknya Anda tidak membeli bahan mentah di pasar atau toko swalayan.

"Pergi ke pasar ikan cari bahan segar yang baru dateng dari laut. Bawa pulang pun dimasukin es supaya kesegarannya terjaga," kata Presiden Asosiasi Koki Indonesia (ICA) Henry Alexie Bloem.

Jaga kebersihan

Lagi-lagi kebersihan merupakan poin penting yang harus diperhatikan. Ingat, bahan mentah sangat mudah terpapar bakteri.

Cuci tangan

Ya, basuh tangan dengan campuran air dan cuka untuk menghilangkan bakteri yang mungkin tertinggal di tangan Anda. Hal ini sangat dianjurkan oleh Direktur World Sushi Skill Institute (WSSI) Masayoshi Kazato.

Gunakan saus miso

Masayoshi Kazato menjelaskan kandungan yang terdapat dalam miso juga efektif untuk membunuh bakteri yang mungkin masih tersisa dalam bahan mentah yang akan Anda olah.

Teliti kandungan bahan mentah Anda

Masayoshi mengatakan perut ikan, terlebih salmon mengandung banyak lemak. Jangan padukan ini dengan mayones karena mengandung zat yang sama. Ini akan berimbas pada gizi serta rasa dari susi yang Anda sajikan.

"Lemak bertemu dengan lemak itu tidak bagus," terang Masayoshi.

Bagi pemula, lebih baik gunakan cumi atau ikan tuna

Kedua bahan mentah tersebut relatif lebih mudah diolah bagi para pemula. Selain itu, harganya juga lebih bersahabat ketimbang harus membeli ikan salmon.

Bagi pemula, disarankan merebus bahan mentah

Tidak mudah memang menyajikan makanan mentah. Henry mengatakan dengan merebus dahulu bahan mentah tersebut setidaknya bakal menghilangkan bakteri yang mungkin melekat.

"Kalau main aman lebih baik bikin dari udah yang sudah direbus atau setengah matang," katanya.

Nah, untuk membuat sushi poin yang harus diingat adalah menjaga bahan mentah tersebut tetap bersih dan segar. Henry mengatakan sebabnya pemahaman akan dua hal tersebut menjadi kunci dalam mengolah bahan mentah itu.

Selamat membuat sushi! 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement