Kamis 27 Aug 2015 15:31 WIB

Yuk, Makan Perlahan Cemilan Anda

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Pilah jenis kudapan yang sesuai, sebab mengudap cerdas dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pilah jenis kudapan yang sesuai, sebab mengudap cerdas dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tidak suka mengemil. Makanan ringan memang menggoda. Dinikmati di sela-sela kerjaan di kantor atau sambil bersantai di depan televisi.

Dikutip dari Women's Running, mengemil tapi bukan cuma bisa membuat tubuh lebih gemuk. Kebiasaan mengemil juga bisa membantu Anda mempertahankan berat badan bahkan menyehatkan. Penasaran? 

Minumlah air

Selalu minum setelah setiap gigitan makanan ringan. Air akan membantu Anda merasa kenyang dan puas tanpa menambahkan kalori.

Jangan makan terlalu cepat

Makanlah seakan-akan Anda tidak diburu apa-apa, setidaknya kunyah selama 15 menit dan benar-benar nikmati setiap gigitan. Memperlambat cara makan, dapat membuat Anda merasa kenyang pada saat selesai mengunyah. Itulah yang akan mencegah Anda dari keinginan untuk meraih lebih. Jangan lupa untuk menerapkan aturan yang sama untuk makan juga

Membuat kombinasi pada makanan

Jangan hanya meraih segenggam kerupuk. Untuk camilan memuaskan, kombinasi yang tepat dari protein, karbohidrat, dan lemak akan membuat perut merasa kenyang dan memungkinkan kadar gula darah stabil. Kombinasi buah-buahan, sayuran, dan roti dengan kacang, yogurt, atau keju bisa jadi pilihan.

Janganlah membawa makanan kemasan

Ketika sedang di perjalanan, Anda cenderung untuk mengambil mana makanan ringan yang paling nyaman.  Pastikan Anda selalu memiliki pilihan yang sehat di tangan. Jauhkan energy bar protein dalam kemasan atau sekantung kacang, karena hanya akan membuat Anda meraihnya dan terus mengunyah.

Makan yang sesuai dengan badan anda

Meskipun Anda mengkonsumsi kalori, ngemil sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan. Rasa lapar membuat Anda cenderung untuk menyantap makan melebihi kebiasaan, bahkan melebihi kebutuhan kalori. Faktor ini yang berbahaya yang bagi diet Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement