Kamis 20 Aug 2015 09:30 WIB

Terkendala Jarak, Orang Indonesia Ogah Wisata ke Afrika Selatan?

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Pakamisa Augustine Sifuba
Foto: ROL/C39
Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Pakamisa Augustine Sifuba

REPUBLIKA.CO.ID, Jarak jauh ternyata menjadi salah satu kendala orang-orang Indonesia untuk berwisata ke Afrika Selatan. Untuk mengunjunginya, dengan menaiki pesawat saja orang Indonesia membutuhkan waktu sekitar 10 jam lamanya.

Duta Besar Republik Afrika Selatan di Indonesia Pakamisa Augustine Sifuba membenarkan persoalan jarak tersebut. Salah satu kendala pariwisata Indonesia saat ini adalah jarak yang cukup jauh.

"Oke, terutama kalau dari Indonesia keluhannya yang pertama karena jaraknya jauh," kata dia kepada ROL belum lama ini.

Selain itu, menurutnya yang menjadi kendala adalah visa yang dikeluarkan hanya dibuat untuk Afsel sendiri, padahal kata dia orang Indonesia tidak hanya ingin mengunjungi Afsel saja, tapi juga negara-negara di sekitarnya.

"Kebanyakan mereka itu tidak hanya ingin mengunjungi Afsel, tapi Afsel hanya mengeluarkan visa buat Afsel sendiri. Ini masih berbenturan dan selalu menjadi perhatian kami," ujar dia.

Sementara itu, yang menjadi kendala dalam perkembangan di sektor Afsel sendiri, menurutnya adalah shoping mall, karena orang Indonesia rata-rata suka belanja.

"Tapi kami sedang berusaha untuk membangun mall yang lebih besar lagi untuk memenuhi tuntutan dari orang dari Indonesia," tegasnya.

Sebenarnya, menurutnya banyak yang perlu diketahui oleh turis Indonesia mengenai Afsel. "Jadi banyak banget terus Afsel sendiri saat ini sedang mengadakan program baru untuk memperkenalkan lebih banyak lagi mengenai pariwisata di Afsel ke Indonesia," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement