Kamis 20 Aug 2015 08:21 WIB

Kiat Memasak Telur Rebus yang Paling Enak

Telur rebus
Foto: flickr
Telur rebus

REPUBLIKA.CO.ID, Kalau Anda sedang bermusuhan dengan makanan yang digoreng, merebus telur bisa jadi pilihan santapan. Merebus telur sangat gampang, cukup cemplungkan telur ke panci berisi air dan tunggu hingga matang. 

Tapi merebus telur dengan cita rasa terbaik tak semudah itu. Jangan khawatir Anda tidak akan kerepotan, Anda cuma perlu memahami triknya.

Dikutip dari laman Incredibleegg, pertama yang perlu dilakukan adalah meletakkan telur dalam panci berisi air. Pastikan telur terendam dalam air setidaknya lima centimeter dari permukaan air. Dengan api besar masak telur hingga air mendidih.

Setelah air mendidih, tutup panci dan angkat panci dari kompor. Biarkan telur terendam air panas selama kurang lebih 10 menit. Atau lebih jika telur berukuran besar. Segera buang air dan hidangkan telur hangat-hangat. 

Air saat memasak telur perlu mendidih dan segera mengangkatnya dari api setelah bergolak-golak. Metode ini bertujuan untuk memasak telur secara perlahan di air panas. Teknik ini akan menghasilkan telur rebus yang lembut tidak bertekstur karet dan mengurangi kemungkinan telur pecah.

Jika menemukan sedikit warna hijau di putih telur tak perlu takut. Perubahan warna kadang terjadi sebagai akibat reaksi sulfur di putih telur dan zat besi di kuningnya. Perubahan warna terjadi ketika telur dimasak terlalu lama atau dalam temperatur yang terlampau tinggi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement