Rabu 19 Aug 2015 08:40 WIB

Ibu, Ini Contoh 'Me Time' yang Bisa Anda Lakukan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Waktu menyendiri ibu bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menyeruput secangkir teh atau kopi di teras rumah.
Foto: sheknows
Waktu menyendiri ibu bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menyeruput secangkir teh atau kopi di teras rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, Ibu yang menjalani kariernya di tempat kerja, sekaligus di rumah, perlu untuk selalu bahagia. Jika bahagia, Anda bisa merasa senang mengurus anak dan pekerjaan. Anakpun akhirnya menjadi anak yang juga bahagia, sedang pekerjaan bisa terlaksana dengan baik pula.

Hal tersebut diungkapkan oleh Psikolog Anak, Ine Indriani, MPsi kepada ROL, Rabu (19/8). Menurutnya, untuk membuat diri bahagia, para ibu membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri atau lebih dikenal dengan istilah 'me time'. Apa saja waktu menyendiri yang bisa dilakukan para ibu?

Ine menjelaskan, untuk bisa memiliki 'me time' perlu niat dan jadwal. Kemudian, buat daftar apa atau kegiatan yang membuat hati senang. Apakah sekadar belanja ke supermarket, ke salon, berkumpul dengan teman, menjalankan hobi atau minat, dan hal lainnya.

"Jalani secara rutin misal seminggu atau dua minggu sekali," ujarnya.

Bahkan, lanjut Ine, sebenarnya 'me time' bisa dilakukan setiap hari. Misalnya 15 menit melakukan aktivitas yang membuat ibu menikmati situasi. Seperti menyeruput kopi di teras sambil membaca majalah.

Manfaat 'me time' lainnya, adalah ketika kita menyempatkan diri kita untuk bisa lebih fokus ke anak-anak atau dalam mengerjakan tugas rumah tangga. "Bayangkan kalau kita tiap hari tidak berhenti-berhenti mengurus keluarga dan kita jadi lelah. Kita malah tidak fokus karena otak kita berpikir kapan saya bisa istirahat. Jadinya kesannya ibu ada tapi tiada karena otaknya di tempat lain."

Waktu menyendiri ini membuat ibu lebih efektif dalam berkarya. Anak pun bisa merasakan kehadiran ibunya, tak hanya dari segi fisik tapi juga pikiran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement