Selasa 18 Aug 2015 06:29 WIB

Alarm Khusus Jadi Solusi Setop Anak Mengompol

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Sejenis alarm khusus bagi mereka yang mengompol bisa dicoba untuk menghentikan kebiasaan pada anak.
Foto: nytone
Sejenis alarm khusus bagi mereka yang mengompol bisa dicoba untuk menghentikan kebiasaan pada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan kebiasaan anaknya yang suka mengompol. Tak hanya saat tidur malam, bahkan tidur siang pun anak kerap membasahi tempat tidur. 

Geram pastinya. Apalagi jika seprainya baru diganti. Jika ompolnya banyak dan bau menyengat muncul, terpaksa Anda harus mengganti seprei. Tapi Anda tak perlu khawatir, laman Parenting Selasa (18/8) memberikan solusinya.

Langkah pertama cukup sederhana. Dokter biasanya mengajarkan pasien mengikuti teknik dasar seperti menghilangkan kebiasan konsumsi kafein dari pola diet dan membatasi cairan pada malam hari. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alarm tempat tidur sebagai salah satu cara membuat anak tetap kering di malam hari. Ada alarm khusus yang bisa dibeli. Alarm ini tersedia pula secara online atau di apotek, lengkap dengan nada suara dan sensor getar.

Alarm bekerja menggunakan sensor yang sangat sensitif dengan celana dalam yang basah karena ompol. Sensor yang terhubung ke alarm akan membangunkan anak untuk buang air kecil. 

Meskipun anak sudah basah di tempat tidur, seiring dengan waktu alarm akan melatih otaknya untuk bangun lebih awal dan sebelumnya. Pada akhirnya, otaknya akan membangunkan dia untuk bisa menghentikan aliran lebih awal dari setiap buang air kecil sebelum lolos basah di kasur.

Proses ini dapat terjadi lebih dari dua bulan. Jika Anda mencoba alarm ini, Anda akan terlibat dalam proses. Orang tua jadi harus tidur di kamar anak sehingga bisa turut mendengar suara alarm.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement