Selasa 11 Aug 2015 13:40 WIB

Ibu, Perhatikan Asupan Kesehatan Otak Anak

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Anak makan buah
Foto: truthonhealth
Anak makan buah

REPUBLIKA.CO.ID, Anda ingin kecerdasan otak anak bertambah? Maka penuhilah asupan gizinya dengan memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebagai orang tua Anda perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi dan gizi mereka setiap harinya.

Apabila bingung makanan apa saja yang sebaiknya Anda berikan pada anak, berikut ini adalah beberapa makanan yang dijuluki sebagai "Brain Food" yang dapat dipercaya meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhansel-sel otak.

Berikut jenis makanan untuk meningkatkan kesehatan otak anak seperti dilansir Boldsky Selasa (11/8).

Telur

Telur kaya akan asam amino kolin, yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan meningkatkan memori pada anak. Telur juga mengandung protein dan zat besi yang meningkatkan berat badan anak saat lahir. Bobot anak ketika lahir rendah dapat menurunkan IQ mereka.

Yoghurt

Tubuh bekerja keras untuk pembentukan sel-sel saraf bayi dalam rahim ketika hamil. Untuk itu, Anda harus memiliki protein tambahan. Mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti yoghurt. Yoghurt juga mengandung kalsium yang dibutuhkan selama kehamilan.

Kacang-kacangan

Mereka kaya akan zat besi yang membuat anak Anda lebih pintar. Zat besi membantu mengirim oksigen ke sel-sel otak bayi selama hamil. Kacang-kacangan merupakan makanan yag spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak.

Blueberry

Buah-buahan seperti blueberry, stroberi, blackberry dan raspberry banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C, memiliki peran penting untuk mencegah kanker. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak storberi dan bluberri mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry juga mengandug asam lemak dan omega-3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement