Ahad 09 Aug 2015 08:36 WIB

Yuk Siapkan Sarapan Sehat untuk Si Kecil

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Winda Destiana Putri
Sarapan sehat (ilustrasi)
Foto: Al Arabiya
Sarapan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat anak hendak berangkat ke sekolah, para ibu mungkin sibuk membantu menyiapkan peralatan sekolah mereka. Namun jangan lupa menyuguhkan beberapa makanan sehat bagi si buah hati.

Semangkuk sereal dengan buah mungkin menjadi sarapan cepat dan sehat bagi si kecil saat hendak ke sekolah. Hidangan lain yang tak kalah sehat juga bisa menjadi pilihan. Memberi anak makanan yang mengandung protein tanpa lemak, susu rendah lemak, buah-buahan dan sayuran dapat berdampak besar, tidak hanya pada kesehatan fisik mereka, tetapi juga mental mereka.

Menurut penelitian, siswa yang memulai hari dengan sarapan seimbang memiliki rentang perhatian dan memori lebih baik. Sayangnya, penelitian yang sama menunjukkan sepertiga dari anak-anak usia sekolah melewatkan sarapan. Jumlah ini menjadi dua kali lipat lebih banyak ketika mereka remaja.

Bingung menyiapkan sarapan di rumah? Cobalah tips ini untuk menyajikan sarapan sehat untuk si kecil.

Siapkan makanan atau minuman untuk dibawa

Jika anak bangun terlambat, sarapan di meja makan mungkin sulit dilakukan. Fokus pada menu pilihan yang bisa dimakan dalam perjalanan ke sekolah, misalnya muffin gandum, pisang, anggur dan keju. Smoothies juga cocok disantap di mana saja. Campur dan haluskan buah favorit mereka dengan susu dan yoghurt. Sarapan ini kaya akan kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Ikuti Selera Sehat Anak

Ajak anak belanja. Biarkan si kecil memilih buah dan juga sereal kegemarannya. Ini akan memastikan mereka benar-benar memakan apa yang Anda tawarkan. Sebagai masukan, Anda bisa membuat pizza yang ber-topping saus tomat, orak-arik telur, keju, dan paprika. Ini adalah cara lezat dan menyenangkan dalam menyuguhkan empat sehat lima sempurna pada makanan mereka.

Manfaatkan sarapan sekolah

Salah satu cara menghemat waktu dan memastikan anak memulai hari dengan makanan sehat, yakni melalui program sarapan sehat di sekolah. Makan di sekolah adalah pilihan sempurna bagi siswa yang tidak mempunyai waktu makan di rumah. Dengan begitu, anak dapat bergaul dengan teman-temannya sambil menikmati hidangan sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement