Kamis 16 Jul 2015 09:42 WIB

Cara Ajarkan Sikat Gigi yang Benar pada Anak

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Mengajarkan anak untuk sikat gigi
Foto: Health
Mengajarkan anak untuk sikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua perlu memperhatikan dan mengajarkan anak menyikat gigi sedini mungkin. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anak di masa remaja dan dewasa nanti.

Jika gigi anak masih sedikit, sikatlah giginya menggunakan kain bersih atau kasa steril. Caranya, masukan telunjuk Anda pada kain yang telah dibasahi dengan air hangat, kemudian gosokan ke gigi anak Anda secara menyeluruh pada permukaan mulut.

"Jika gigi anak Anda sudah banyak biasakan anak untuk menyikat giginya sendiri. Gunakan sikat gigi khusus untuk anak yang memiliki gagang kecil dan bulu sikat yang lembut sesuai dengan ukuran mulut anak dan gunakan air hangat untuk kumur saat menyikat gigi. Perkenalkan pasta gigi yang mengandung sedikit flouride pada anak," kata Drg. Falah SpKGA saat dihubungi ROL Rabu (15/7).

Ia lanjut menegaskan. "Beri petunjuk agar anak menyikat gigi dengan bentuk lingkaran kecil pada giginya. Lalu gosok ke depan dan ke belakang hingga menyeluruh ke permukaan gigi, gosok gigi dengan satu arah. Kemudian sikat area lidah dengan pembersih khusus lidah."

Pada satu kali sikat gigi terdapat 30 sampai 40 kali gerakan memutar untuk seluruh bagian rongga mulut, bagian ini mencakup luar dan dalam untuk kanan, kiri, depan dan belakang gigi. Sedangkan untuk gerakan mencungkil diulang dua sampai tiga kali pada setiap bagian. Dengan asumsi satu gerakan satu detik, maka dibutuhkan dua sampai tiga menit untuk sikat gigi yang baik pada anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement