Kamis 16 Jul 2015 12:12 WIB

Cara Ampuh Hadapi Anak Malas Sikat Gigi

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Anak dan ibu menyikat gigi
Foto: The Star
Anak dan ibu menyikat gigi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merawat gigi pada anak di masa awal pertumbuhannya bisa dibilang agak sulit, karena tidak sedikit anak yang rewel saat pertumbuhan gigi pertamanya.

Anak juga merasa risih saat pertama kali diajarkan untuk menyikat giginya. Karena ada sesuatu yang belum terbiasa masuk ke dalam mulutnya.

Ajak anak menyikat gigi di tempat favoritnya saat bermain, jangan paksakan hanya di kamar mandi untuk menyikat giginya.Hal ini bertujuan untuk membiasakan anak menyikat gigi dengan santai dan tidak takut, pilih pasta gigi sesuai rasa yang disukai anak.

"Perlu kesabaran ekstra untuk membuat anak terus mengulang kebiasaan membersihkan gigi. Orang tua dan pengasuh tidak boleh menyerah begitu saja dalam melakukan hal ini, guna menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak," ujar Drg. Falah SpKGA saat dihubungi ROL Rabu (15/7).

Kebiasaan orang tua dalam menyikat gigi juga akan berpengaruh dalam keseharian anak merawat giginya. Bila orang tua dan pengasuh malas sikat gigi otomatis sang anak juga akan mengikuti kebiasaan buruk tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement