Kamis 16 Jul 2015 09:09 WIB

Dua Menit, Durasi yang Tepat untuk Anak Menyikat Gigi

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Anak Sikat Gigi (ILustrasi)
Foto: The Guardian
Anak Sikat Gigi (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengajarkan sikat gigi yang benar memang bukan pekerjaan mudah. Namun, tentu saja orang tua tidak boleh menyerah begitu saja, ajarkan anak sejak dini untuk menyikat gigi dengan benar agar terhindar dari gangguan kesehatan gigi dan mulut.

"Durasi yang baik untuk menyikat gigi pada anak yaitu dua sampai tiga menit. Hal ini memastikan seluruh permukaan gigi tersikat dengan baik dan gigi menjadi bersih," ujar Drg. Falah SpKGA ketika dihubungi ROL Rabu (15/7).

Sikat gigi secara menyeluruh dengan menggerakan sikat berbentuk lingkaran kecil ke seluruh permukaan gigi. Perhatikan menyikat celah-celah gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menyangkut di gigi anak Anda.

"Menyikat gigi dengan waktu yang lama membuat anak bosan, ini tidak baik juga untuk kesehatan gigi anak Anda. Gunakan sikat gigi yang memiliki gagang kecil dengan bulu sikat yang lembut untuk anak dan pilih pasta gigi sesuai rasa yang diinginkan anak guna menghindari mereka malas sikat gigi," tutup Falah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement