Rabu 08 Jul 2015 06:20 WIB

Cara Praktis Memasak Makanan Sehat

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Ibu memasak
Foto: sheknows.com
Ibu memasak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak dari kita membuat makanan sedikit lebih sehat. Untuk mencapai ini, Anda tidak perlu mengubah seluruh gaya memasak Anda.

Sangat mudah untuk mengubah makanan biasa menjadi makanan sehat dengan diawali beberapa trik sederhana yang dilansir oleh Womanitely, Rabu (8/7).

Gunakan Kaldu

Ada banyak contoh di mana Anda dapat menggunakan kaldu atau bahkan air putih ketika memasak. Gunakan kaldu untuk tumis sayuran, hal ini membuat masakan lebih beraroma. Ketika menggoreng burger, daging, dan dada ayam jangan lupa tambahkan sedikit kaldu agar rasanya lebih menarik.

Ganti Daging Sapi dengan Daging Ayam

Mengurangi konsumsi daging sangat bermanfaat untuk diet dan kesehatan. Memilih daging ayam akan menghilangkan beberapa kalori dan banyak lemak dari makanan sebelumnya yaitu daging sapi.

Bilas dan Tiriskan Daging

Setelah merebus daging, tiriskan sebentar dengan tujuan untuk menghilangkan lemak yang masih menempel di daging. Hal ini memastikan Anda telah menghilangkan semua lemak dari daging tersebut.

Hindari Makanan yang Sudah Dibungkus

Makanan yang sarat dengan gula, sodium, lemak, dan banyak bahan-bahan jahat lainnya dapat berakibat buruk bagi tubuh Anda. Cobalah untuk membatasi penggunaan produk ini dan menggantinya dengan makanan segar buatan sendiri. Ada beberapa makanan yang sudah dibungkus dan boleh dikonsumsi seperti makaroni, keju, kentang instan, dan makanan olahan lainnya.

Mengkombinasikan Sayuran ke dalam Makanan Lain

Ada banyak cara dimana Anda dapat mencampur sayuran dengan makanan biasa. Membuat kentang tumbuk dengan kombinasi kentang yang dimasak bersama kembang kol dan seledri. Tambahkan kacang polong dan wortel untuk nasi, brokoli untuk pasta dan salad untuk twist segar.

Jika Anda merubah pola makan secara sehat, Anda akan mengurangi asupan lemak, gula, dan natrium yang dapat menghambat tubuh tidak sehat. Selain itu, Anda mungkin akan terinspirasi untuk membuat perubahan lebih sehat dalam memasak makanan.

Memasak sehat tidak harus sulit, tetapi harus mulai dari diri sendiri. Jadi mulailah dengan perubahan kecil yang akan memiliki dampak besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement