Selasa 07 Jul 2015 15:08 WIB

Trik Menjaga Kulit Anak di Bawah Sinar Matahari

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Seorang anak bermain/ilustrasi
Foto: abcnews
Seorang anak bermain/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ibu terkadang mengalami kekhawatiran dengan kulit anak-anak yang lebih sensitif dari orang dewasa. Terlebih lagi jika anak-anak bermain di bawah sinar matahari yang begitu menyengat.

Ibu dibuat kebingungan apa yang harus dilakukan agar kulit anak tidak mengalami iritasi atau hal lainnya. Sementara untuk melarangnya bermain di luar ruangan, hal itu tidak mungkin karena anak-anak biasanya aktif bergerak dan sulit diatur.

Dilansir dari Huffingtonpost, Selasa (7/7) hal yang perlu dilakukan ibu untuk melindungi kulit anak adalah dengan mempersiapkan SPF. Gunakan lotion dengan SPF 45 yang dirancang khusus untuk anak-anak 20 menit sebelum anak itu bermain ke luar. Hal itu memberikan waktu agar SPF terserap dengan baik oleh kulit anak.

Jika anak bermain di sekitar kolam renang, coba gunakan SPF 50, bahkan ketika anak itu basah. Sebaiknya jangan menggunakan SPF yang disemprotkan, lebih baik menggunakan lotion karena manfaatnya bisa lebih bertahan lama. Jangan lupa ulangi penggunaan SPF selama dua jam sekali ketika anak bermain di luar.

Ibu juga harus berhati-hati pada beberapa area tubuh anak, seperti mata dan lubang-lubang lain pada wajah saat mengaplikasikan SPF. Jangan lupa untuk mengoleskannya pula pada beberapa area yang sering dilupakan, seperti telinga, tengkuk, lutut, pergelangan kaki, bahkan ketiak.

Setelah puas bermain, baiknya ibu memandikan anak yang berkeringat dan kotor dengan membilasnya menggunakan air hangat. Setelah itu gunakan lotion tubuh untuk melembabkan kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement