Senin 22 Jun 2015 09:46 WIB

Menyusui Bantu Ibu Kembali Langsing

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
 Ruang khusus untuk menyusui di salah satu pusat perbelanjaan di Makassar.
Foto: Antara/Adnan
Ruang khusus untuk menyusui di salah satu pusat perbelanjaan di Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, ASI adalah makanan terbaik untuk anak. ASI ini memiliki aroma khas dan sedikit terdapat rasa. Selain itu, ada sejumlah fakta yang bisa membantu Anda memahami sedikit lebih banyak tentang apa yang terjadi pada ibu dan bayi pada waktu spesial yaitu saat menyusui. Menyusui bisa menjadi ajang untuk memperkuat ikatan keduanya. Juga bisa menyehatkan keduanya. Menarik bukan?

Menyehatkan ibu

Dikutip dari Popsugar, Senin (22/6), ASI memiliki komponen yang menyembuhkan, terutama ketika payudara Anda sakit akibat menyusui. ASI ibu itu sendiri dapat memberikan beberapa bantuan. Cobalah pijat payudara atau bagian payudara yang bengkak atau sakit dan Anda akan merasa sedikit lebih baik.

Selain itu, tubuh ibu baru dapat kembali normal sedikit lebih cepat saat menyusui. Hormon yang dikeluarkan selama proses menyusui dapat membantu Anda kembali ke ukuran rahim sebelum hamil. Bahkan menyusui dapat membakar beberapa jumlah kalori setelah berjalan sepanjang tujuh mil.

Mengurangi risiko anak sakit

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif lebih jarang sakit. Tidak hanya mengurangi resiko infeksi telinga dan masalah perut, bayi yang mengonsumsi ASI juga bisa mengurangi risiko asma, diabetes dan masalah obesitas di masa depan.

Selain itu, bayi yang mendapatkan asi eksklusif memiliki penurunan risiko sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS). Fakta lain yang mengejutkan adalah dengan mengonsumsi ASI, risiko osteoporosis, penyakit jantung, kanker payudara dan kanker ovarium, pada anak dapat dikurangi.

Keajaiban ASI juga terlihat pada ibu yang justru masih dapat menyusui walaupun sedang sakit. Pada saat Anda menunjukkan gejala, bayi sudah siap terkena virus atau bakteri dan ini sebenarnya bermanfaat bagi bayi karena mereka akan dipaparkan antibodi yang dibuat oleh tubuh ibu.

Kontak kulit ke kulit dalam beberapa jam pertama kehidupan bayi dapat membantu proses menyusui. Hal ini membantu naluri mereka untuk membangun pelekatan. Payudara seorang ibu juga dapat mendeteksi jika suhu tubuh bayi naik turun dan bahkan suhu tubuh anak akan hangat atau dingin sesuai yang diperlukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement