Rabu 10 Jun 2015 11:28 WIB

Enam Manfaat Lain ASI yang Mengejutkan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Ibu Menyusui
Foto: Republika/Musiron
Ibu Menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, Air Susu Ibu atau ASI merupakan makanan paling sempurna untuk bayi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan mengatakan bayi harus mendapatkan susu eksklusif hingga enam bulan untuk mencapai pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan optimal.

The American Academy of Pediatrics menunjukkan bahwa ibu hendaknya menyusui setidaknya 12 bulan untuk memberikan anak-anak mereka manfaat kesehatan penuh. Selain menjadi makanan utama bayi, ASI ternyata memiliki manfaat kesehatan lain yang mengejutkan, dilansir dari Rodale News, Rabu (10/6).

Pertama, ASI yang dioleskan pada ruam panas atau iritasi kulit bayi, seperti ruam popok akan membantu menyembuhkan iritasi. ASI merupakan antibiotik alami dengan segudang fungsi.

Kedua, ASI yang disemprotkan ke wajah bayi, khususnya hidung di pesawat terbang akan melindungi membran hidung bayi. Ini juga memicu refleks bersin yang membantu mengeluarkan kuman jahat yang mungkin telah menyelinap masuk ke hidung bayi. Menyusui bayi Anda saat pesawat lepas landas ternyata juga membantu menjaga supaya tidak ada kotoran yang bermunculan di telinga bayi.

Ketiga, ASI juga berfungsi sebagai obat mata sementara. Jika mata bayi Anda terkena iritasi, sembari menemui dokter, teteskan sedikit ASI ke matanya. Ini untuk memastikan iritasi mata bayi Anda tidak semakin serius.

Kelima, ASI yang diteteskan ke lubang telinga bayi berpotensi mengurangi infeksi telinga. Keenam, ASI juga bisa meringankan atau menyembuhkan luka atau goresan ketika dioleskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement