Senin 08 Jun 2015 13:38 WIB

Lindungi Saluran Cerna Anak dengan Tiga Nutrisi Ini

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Yogurt mengandung probiotik yang melindungi saluran cerna anak.
Foto: dok Republika
Yogurt mengandung probiotik yang melindungi saluran cerna anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap Ibu pasti ingin anaknya bertumbuh kembang dengan baik. Namun, sebenarnya ada yang harus juga dipertimbangkan dalam membesarkan si kecil, yaitu cara melindungi dia dari berbagai jenis penyakit.

Dr Vinka Desria selaku Nutrition Advisor Manager PT Nestle Indonesia menuturkan tidak mungkin anak hanya pintar atau sehat saja, dia juga harus terlindungi.

Orang tua harus benar-benar menjaga daya tahan tubuh putra-putri mereka, tentunya agar si kecil tidak mudah sakit. Sementara mulailah beri perhatian terhadap saluran cerna anak karena 80 persen sistem daya tahan tubuh terdapat di saluran cernanya. Berikut nutrisi yang penting untuk kesehatan saluran cerna.

Serat pangan

Serat pangan bisa didapat dari inulin di dalam sayur. Jadi tidak hanya menyuguhkan mereka vitamin dan mineral saja. Ajaklah si kecil mencintai dan mengonsumsi sayur sejak dini.

Probiotik, strain spesifik

Probiotik penting untuk pematangan sistem daya tahan tubuh di saluran cerna. Probiotik bisa ditemui di yogurt, tidak hanya di susu dan suplemen. Terdapat 2 probiotik yang penting bagi tubuh anak. Yaitu, Lactobacillus Rhamnosus baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh untuk anak, serta mencegah si kecil terkena risiko diare dan batuk pilek.

Serta Bifidobacterium Longum yang baik sebagai provokator karena merangsang bakteri baik yang lain untuk hidup dan tumbuh.

Vitamin A, C, E, serta mineral, selenium, dan zinc

Apabila Vitamin A, C, E serta mineral, selenium, dan zinc bergabung maka perpaduan nutrisi tersebut dapat melawan radikal bebas di tubuh anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement