Selasa 02 Jun 2015 06:31 WIB

Ketika Bermain dengan Anak Praktikkan Tiga Hal Ini

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
 Sejumlah anak bermain sepeda di lahan terbuka Rumah Susun (Rusun) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (21/5).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sejumlah anak bermain sepeda di lahan terbuka Rumah Susun (Rusun) Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (21/5).

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi orang tua penting untuk melakukan hal-hal yang dapat merangsang kemampuan dasar anak. Tujuannya agar buah hati tumbuh dan berkembang secara optimal. Misalnya selalu ajak Anak anda terutama di usia emasnya untuk berinteraksi. Mulailah dari cara yang sederhana, ajaklah mengobrol untuk memperkenalkan kata-kata baru untuknya.

Apabila si buah hati sudah lebih dari dua tahun, ajarilah ia mencoret di kertas untuk mengajarkannya cara menulis dan menggambar. Juga stimulasi lain seperti bersepeda, berlari kecil, dan sebagainya.

Ketika bermain, coba perhatikan tiga hal berikut.

 

Beri contoh

Anak Anda tahu segala hal biasanya dari apa yang Anda lakukan. Apabila Anda menginginkan sang buah hati melakukan apa yang Anda inginkan, maka berilah contoh terlebih dahulu tentunya dengan kasih sayang. Untuk itu, coba berikan stimulasi yang baik untuknya. Lakukanlah aktivitas positif dan bermanfaat yang dapat ia tiru dari melihat kebiasaan Anda.

Kebebasan mencoba, bereksplorasi, dan mengulang

Biarkan anak tumbuh dan berkembang dengan mencoba sesuatu yang ingin ia ketahui tentunya dengan pengawasan dan pendampingan dari sang bunda. Anak perlu bereksplorasi agar ia tumbuh menjadi anak yang cerdas, kreatif, inovatif, sehat, mandiri, dan berperilaku baik. Biasakanlah ia mengulang agar ia bisa mengevaluasi kegiatannya dan belajar untuk berlatih.

Pujian atau penghargaan

Pujilah hasil karya anak, atau usahanya. Karena ia akan lebih termotivasi lagi untuk terus berkembang. Namun, berilah pemahaman secara halus apabila ada kesalahan yang perlu diperbaiki. Jangan menyakitinya dengan perkataan atau celaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement