Rabu 20 May 2015 16:43 WIB

Cina Keluarkan Robot Pemotong Mie

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Robot Pemotong Mie
Foto: Rocketnews24
Robot Pemotong Mie

REPUBLIKA.CO.ID, SHANXI -- Manusia bisa mengiris mie menjadi hal yang biasa, namun apa jadinya jika robot yang melakukan pekerjaan tersebut. Cina memiliki robot yang bisa dengan mudah mengiris mie.

Robot tersebut diberi nama Foxbot dan dapat ditemukan di Dazzling Noodles, rantai restoran dapur terbuka di provinsi Shanxi, Cina Utara.

Menurut artikel Wall Steet Journal yang dilansir dari Rocketnews24, Rabu (20/5), Foxbot tidak hanya memberikan porongan yang semopurna bagi mie, namun ia juga bisa memberisihkan sendiri.

Dalang di balik teknologi ajaib ini berasal dari insinyur di Foxconn Technology Group, salah satu produsen kontrak terbesar dari perangkat elektronik, dan menjadi salah satu pemasok produk Apple.

Foxconn telah membuat tiga perangkat mengiris mie untuk Dazzling Noodless, perangkat keempat dalam proses pengerjaan. Foxconn Technology Group juga bekerja menggabungkan teknologi yang akan memungkinkan Foxbot untuk menangani tugas-tugas memasak lainnya.

Foxbot mungkin lebih cepat dan lebih bersih daripada tangan manusia, tetapi dapat lengan robot menghasilkan kualitas mie yang sama dengan tangan manusia yang sudah melakukan pemotongan mie selama bertahun-tahun?

Dalam uji coba yang dilakukan secara acak, pelanggan mengatakan bahwa mie buatan Foxbot dinilai lebih kenyal.

Tim Foxconn yakin mereka bisa meniru mie tradisional dengan teknologi canggih mereka, yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pisau Foxbot sama dengan diameter rambut manusia, untuk menghasilkan mie yang ideal.

Pemilik restoran Yue Mei mengusulkan ide membuat sebuah restoran robot untuk Foxconn.

"Ketika saya pertama kali memulai restoran, saya menyadari bahwa standarisasi makanan yang harus dimiliki jika saya ingin membangun sebuah rantai restoran Cina. Sebagai orang asli Shanxi, saya merasa bahwa ini adalah misi untuk mempromosikan mie pisau-potong. Aku ingin mewarisi dan membuatnya berkembang," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement