Ahad 17 May 2015 10:23 WIB

Tips Mudah Membuat Pasta di Rumah

Rep: MGROL41/ Red: Winda Destiana Putri
Sepiringa pasta
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sepiringa pasta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasta adalah salah satu makanan lezat yang mudah dibuat di rumah. Anda tidak perlu banyak menggunakan panduan buku resep. Tidak perlu banyak menghabiskan banyak tenaga dan uang untuk membeli dan mengolahnya.

Menurut situs Care2, Ahad (17/5) terdapat banyak cara untuk menghidangkan pasta yang sempurna. Berikut caranya:

Jangan tambahkan garam berlebih pada air

Anda tidak perlu mengikuti saran umum penggaraman air yang berlebihan, tapi Anda harus tetap menambahkan air sedikit. Untuk setiap liter, tambahkan 3/4 sendok teh garam untuk 1 pon pasta. Pengasinan air pasta Anda sebenarnya diatur sesuai selera anda bukan tergantung ilmu pengetahuan.

Jangan tambahkan minyak

Minyak tidak termasuk dalam air pasta. Paling buruk, itu akan membuat saus lebih sulit untuk menempel pada pasta. Jatuhnya, Snda hanya membuang-buang minyak saja.

Jangan bergantung hanya pada paket waktu

Cara terbaik untuk mengetahui kapan pasta Anda siap diangkat bukan dengan cara mengikuti patokan yang tertera pada petunjuk di bungkus. Mulailah  mencicipi sepotong setiap 30 detik atau lebih 1-2 menit saat memasak. Apabila dirasa sudah matang, angkatlah segera.

Sandingkan bentuk pasta dengan saus pilihan pendamping yang sesuai

Beberapa jenis saus dimaksudkan untuk beberapa jenis bentuk pasta. Sebagai aturan umum, bentuk pasta yang panjang dan kurus, seperti fettuccine dan spaghetti, sebaiknya disandingkan dengan saus berbasis krim. Bentuk tabung kecil, seperti penne dan makaroni, sebaiknya dipasangkan dengan saus yang kental atau chunky. Pasta kecil berbentuk seperti fusilli dan farfalle cocok untuk berbagai tipe jenis saus, dan pasta bentuk ini lebih sempurna apabila ditambahakan dengan sayuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement