Jumat 17 Mar 2023 19:19 WIB

Cara Tepat Merebus Pasta Menurut Chef Italia: Tunggu Air Mendidih dan Masukkan Garam

Pastikan untuk menunggu hingga garam benar-benar larut sebelum memasukkan pasta.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Merebus pasta (ilustrasi). Chef dari Italia memberikan cara tepat merebus pasta agar hasilnya sempurna.
Foto: www.freepik.com
Merebus pasta (ilustrasi). Chef dari Italia memberikan cara tepat merebus pasta agar hasilnya sempurna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekilas, memasak pasta tidaklah sulit. Namun ternyata, ada perbedaan antara hanya sekadar memasaknya dan benar-benar menyempurnakannya.

Seperti makanan lainnya, teknik memasak sangat penting dalam pembuatan pasta. Mengetahui bentuk pasta terbaik dan pasangan sausnya, berapa lama memasak pasta, dan kapan tepatnya memasukkan pasta ke air mendidih, semuanya berperan dalam seberapa baik hasil hidangannya.

Baca Juga

Pernahkah terpikirkan poin terakhir itu? Itu adalah bagian paling penting. Dilansir laman Huffington Post pada Jumat (17/3/2023), meski itu bagian kecil dari proses pembuatan pasta, tetapi seorang chef asal Italia mengatakan itu justru yang terpenting.

Salah seorang chef asal Naples, Italia, yang sekarang menjadi koki di Il Piatto di Washington DC, Lina Nicolai, menjelaskan penting menambahkan garam saat merebus pasta. Ini tidak hanya memberikan rasa pasta, tetapi juga memberi rasa pada air pasta, yang biasa digunakan untuk saus pasta.

“Itu benar-benar bisa berbeda ketika tidak menambahkan garam. Pasta rasanya sangat hambar meskipun saus yang menyertainya beraroma,” ujar penulis Gennaro’s Cucina: Hearty Money-Saving Meals From an Italian Kotchen, Gennaro Contaldo.

Dia mulai menambahkan garam saat air mulai mendidih sehingga garam akan cepat larut. Pastikan untuk menunggu hingga garam benar-benar larut sebelum memasukkan pasta. Selain membuat pasta terasa lebih beraroma, garam juga dapat membantu proses memasak.

“Air asin lebih stabil dibandingkan air tawar karena ion NaCl terlarut,” kata chef restoran Rossoblu, Superfine Pizza, dan Superfine Playa, Los Angeles, Amerika Serikat, Steve Samson.

Air asin memiliki titik didih lebih tinggi dibandingkan air tawar sehingga pasta matang pada suhu yang sedikit lebih tinggi. Ini menghasilkan konsistensi yang lebih baik.

Langkah selanjutnya, chef dari Pazza Market & Cucina, Patrick Money, mengatakan untuk menunggu sampai air mendidih baru masukkan pasta ke dalam panci. “Kalau tidak menunggu sampai air mendidih, pasta akan menyerap air terlalu banyak dan menjadi lembek,” ujarnya. 

Nicolai mengatakan, memasukkan pasta ke dalam air sebelum mendidih dapat membuat pasta benyek dan saling menempel. Mengaduk pasta saat dimasak akan membantu mencegah hal tersebut.

Meskipun air harus benar-benar mendidih sebelum memasukkan pasta, para chef mengatakan, tidak masalah berapa lamanya air mendidih, yang penting tunggu air mendidih dulu. Kebanyakan orang memasukkan pasta segera setelah air mulai mendidih. Jangan lupa untuk menyimpan air pasta itu untuk diintegrasikan ke dalam saus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement