Sabtu 02 May 2015 07:12 WIB

Mengajarkan Anak Keterampilan yang Konyol (2-Habis)

Bermain hulahop bisa menjadi salah satu keterampilan yang dimiliki anak.
Foto: canyonhoops
Bermain hulahop bisa menjadi salah satu keterampilan yang dimiliki anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Ajarkan anak Anda hal rumit yang keren berikut ini. Dijamin, teman-temannya bakal kagum. Lengkap dengan petunjuk sederhana.

Ketika suami saya mengajarkan putri kami, Stella, 7 tahun, bagaimana cara bersiul, dia memeragakan kepandaiannya membuat siulan itu kepada setiap orang yang mau mendengar. Beberapa minggu kemudian, saya menunjukkan cara bagaimana mengepang rambut, dan dia tersobesi untuk memberi boneka-bonekanya tata rambut yang baru.

“Begitu anak Anda berusia 7 atau 8 tahun, dia sudah cukup bisa mengikuti perintah yang kompleks,” kata Jesnn Berman, Psyd, penasihat Parents dan penulis buku The A to Z Guide to Raising Happy, Confident Kids, dikutip dari www.parentsindonesia.com. “Tambahan lagi, keterampilan barunya merupakan cara hebat untuk melekatkan diri dengan teman-temannya.”

Kegiatan remeh apa lagi yang dapat kita pelajari? Jangan lewatkan trik berikut ini!

Lempar batu

Mulai dengan mengumpulkan kepingan besar yang datar, batu tipis yang bentuknya seragam, kata Jerdone, penulis buku Stone Skipping: The Complete Guide. Minta anak memegang batu, jari telunjuk memutari sisi luar batu dan ibu jari berada di bagian atas batu. Kemudian lemparkan batu itu jauh-jauh dan rendah, sejajar dengan permukaan air. Putar batu secepat mungkin.

Tangkap-lempar beberapa objek

Lupakan bola-bola. Biarkan anak Anda menguasainya dengan memakai selendang-selendang nilon, kata Dave Gillies, direktur Give & Take Jugglers di Philadelphia. “Karena selendang-selendang jatuh secara perlahan, Anda tak perlu terlalu khawatir menangkapnya,” katanya.

Minta anak untuk menjulurkan tangan ke atas secara bersilangan, dan jatuhkan selendang ketika tangannya sudah terentang. Pegang dua selendang di satu tangan dan satu selendang di tangan yang lain, dan mulailah dengan tangan yang memegang dua selendang,”katanya. Saksikan pertunjukan Gillies di video activitytv.com/juggling-for-kids.

Memutar hula-hoop

Cari sebuah hoop yang tingginya mencapai pusar anak Anda ketika ditegakkan di depan tubuhnya, kata Cara Zara, seorang guru tari hoop di Charlotte, North Carolina. Anak Anda harus meletakkan satu kaki sedikit lebih maju dari kaki lainnya, letakkan hoop pada punggung bagian bawah, belitkan di pinggang anak dan biarkan hoop berputar. Ajarkan dia mengayun ke depan dan ke belakang (dari belakang ke depan) dengan pinggulnya dari pada bergerak melingkar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement