Sabtu 02 May 2015 06:55 WIB

Mengajarkan Anak Keterampilan yang Konyol (1)

Anak bermain (ilustrasi)
Anak bermain (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ajarkan anak Anda hal rumit yang keren berikut ini. Dijamin, teman-temannya bakal kagum. Lengkap dengan petunjuk sederhana.

Ketika suami saya mengajarkan putri kami, Stella, 7 tahun, bagaimana cara bersiul, dia memeragakan kepandaiannya membuat siulan itu kepada setiap orang yang mau mendengar. Beberapa minggu kemudian, saya menunjukkan cara bagaimana mengepang rambut, dan dia tersobesi untuk memberi boneka-bonekanya tata rambut yang baru.

“Begitu anak Anda berusia 7 atau 8 tahun, dia sudah cukup bisa mengikuti perintah yang kompleks,” kata Jesnn Berman, Psyd, penasihat Parents dan penulis buku The A to Z Guide to Raising Happy, Confident Kids, dikutip dari www.parentsindonesia.com. “Tambahan lagi, keterampilan barunya merupakan cara hebat untuk melekatkan diri dengan teman-temannya.”

Kegiatan remeh apa lagi yang dapat kita pelajari? Jangan lewatkan trik berikut ini!

Meniup gelembung

Suruh anak Anda sudah mengunyah permen karet untuk melembutkannya. Katakan kepadanya untuk membuat sebuah bola dengan permen karet, ratakan bola itu di langit-langit mulut, dan letakkan ujung lidah di tengah permen karet, pindahkan gumpalan permen karet ke depan mulut, kata Chad Fell, dari Haleyville, Alabama, yang memegang Guinness World of Record dalam meniup gelembung.

Sekarang yang harus dilakukan anak Anda adalah menahan lidahnya dan menghembuskan napas. “Jika dia kesulitan menahan permen karet di bibirnya, minta anak memegang bagian tepi gelembung dengan tangannya,” kata Fell.

Menaruh sendok di atas hidung

Minta si kecil menghirup napas dalam-dalam dan kemudian embuskan ke bagian sendok yang cekung, kata Miriam Peskowitz, coauthor buku The Daring Book for Girls. Katakan kepadanya agar meletakkan bagian cekung sendok tersebut di atas hidungnya dan kemudian setelah melekat, lepaskan tangan perlahan-lahan.

Membuat gelas bernyanyi

Minta anak mengisi setengah gelas anggur yang tipis dengan air, pegang bagian bawah gelas, basahi jari telunjuk, dan mulailah memutari pinggiran permukaan gelas dengan lembut, tekan terus menerus (dengan tekanan ringan), akhirnya gelas akan mulai bernyanyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement