Senin 27 Apr 2015 09:36 WIB

Tips Sehat Bagi Ibu Hamil Kembar

Ibu Hamil (ilustrasi)
Ibu Hamil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika kandungan berisi dua janin, ibu hamil akan mengalami kelelahan yang lebih termasuk mual akibat faktor hormon yang juga ganda. Ibu hamil kembar pun disarankan untuk menjaga kandungannya, tak hanya dari segi asupan nutrisi tapi juga dengan cara lain.

Berikut tips dari Dr. Fakriantini Jaya Putri SpOG, dari RSU Prikasih, Jakarta, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Istirahat cukup

Ibu dengan kehamilan kembar memiliki volume darah yang lebih besar dan mendapatkan beban ekstra pada sistem kardiovaskuler. Biasanya, dokter menganjurkan ibu hamil kembar beristirahat.

Seringlah berbaring agar aliran darah ke plasenta meningkat dan pertumbuhan janin lebih pesat, sekaligus mengurangi risiko darah tinggi (hipertensi) yang dipengaruhi kehamilan dan persalinan prematur.

Saat memasuki trimester ketiga, ibu hamil kembar disarankan lebih sering beristirahat. Tidurlah dengan posisi menghadap samping kiri, bertujuan agar aliran darah untuk bayi lancar.  Lalu, duduk dengan menyejajarkan kaki dengan lantai membantu Anda mengurangi bengkak pada kaki.

Bahkan beberapa dokter akan menyarankan Anda untuk bed rest jika mengalami masalah pada tekanan darah atau perkembangan janin. Kemudian, jika Anda termasuk wanita memiliki banyak aktivitas, pertimbangkan cuti lebih awal.

Berbagi dengan suami

Dalam menghadapi kehamilan kembar ini Ibu akan mengalami perubahan emosi. Sebaiknya, bicarakan dengan pasangan mengenai keluhan fisik yang timbul selama hamil. Cari waktu membicarakan persiapan kelahiran dengan matang. Selanjutnya, suami juga menyemangati istri dengan menceritakan pengalaman positif dari orang yang pernah hamil kembar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement