Senin 27 Apr 2015 09:16 WIB

Panduan Nutrisi Ibu Hamil Kembar

Ibu yang mengandung anak kembar disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau.
Foto: pixabay
Ibu yang mengandung anak kembar disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau.

REPUBLIKA.CO.ID, Pastikan Anda menjaga si kembar dengan menyiapkan diri secara fisik dan mental. Berikut tips dari Dr. Fakriantini Jaya Putri SpOG, dari RSU Prikasih, Jakarta, dikutip dari www.parentsindonesia.com, untuk urusan nutrisi bagi ibu yang hamil kembar.

Kalori

Guna mencegah berat badan lahir rendah (BBLR) pada bayi kembar, ibu hamil perlu mendapatkan kalori yang cukup agar bayi tumbuh optimal. Bahkan, ibu dapat mengonsumsi kalori tambahan sejak trimester kedua hingga trimester ketiga.  

Beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi 600 kalori tambahan per hari, selain asupan normal atau 3.000-3.500 kalori per hari jika berat badan ibu normal sebelum hamil. Sedangkan, perempuan dengan berat badan melebihi normal mesti makan antara 2.700-3.000 kalori per hari.

Protein

Untuk mendukung pertumbuhan bayi, ibu hamil kembar harus meningkatkan asupan protein.  Bila ibu hamil biasanya mengasup 60 gram protein per hari, pada ibu hamil kembar direkomendasikan mengasup 100-175 gram protein per hari dalam tiga bulan terakhir. Misalnya saja, makan 7 atau 8 ons makanan tinggi protein (seperti daging, unggas atau ikan) ditambah 4-6 porsi susu atau keju per hari.

Kalsium

Demi membangun tulang dan gigi bayi, ibu hamil kembar perlu meningkatkan asupan kalsium. Para ahli merekomendasikan agar ibu hamil kembar mendapatian 2.500 miligram kalsium per hari pada trimester ketiga-jumlah ini dua kali dari dosis kalsium yang dianjurkan bagi perempuan tak hamil. Ibu hamil dapat mengasup susu atau sayuran berdaun hijau.

Zat besi

Volume darah ibu hamil kembar akan meningkat hingga dua kali lipat. Karena itu, ibu perlu meningkatkan asupan zat besi agar terhindar dari anemia akibat kurangnya sel-sel darah merah yang telah diencerkan oleh peningkatan volume darah.  

Makanan kaya zat besi ini terdapat pada daging, unggas, ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain itu, ibu juga perlu mengasup makanan yang mengandung vitamin C, jeruk, misalnya guna meningkatkan penyerapan zat besi. Dianjurkan suplemen zat besi sebanyak 60-100 miligram per hari.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement