Senin 27 Apr 2015 08:55 WIB

BB Bumil Naik Signifikan? Mungkin Hamil Kembar, Lho

Bayi kembar (Ilustrasi)
Bayi kembar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kehamilan kembar menjadi buah bibir sejak akhir Desember lalu. Pasalnya, Kate Middleton, istri dari Pangeran William, putra mahkota Kerajaan Inggris diduga tengah mengandung bayi kembar. Spekulasi ini muncul dengan mengaitkan umur dan gejala hyperemesis gravidarum atau morning sickness parah yang dialami Duchess of Cambridge itu. Bahkan, kehamilan kembar Kate Middleton juga masuk bursa taruhan di Inggris.

Selain morning sickness parah, apa lagi petunjuk kehamilan kembar? Kami menemui ahli kandungan untuk mengetahui tanda-tanda dan panduan merawat kehamilan kembar, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Berat badan bertambah

Bertambahnya berat badan ini bergantung pada tinggi badan, bentuk badan dan berat badan sebelum hamil. Biasanya, rahim tumbuh lebih besar dari usia kehamilan. “Mulai dari trimester pertama bila terjadi pertambahan berat badan yang meningkat cepat cenderung menunjukkan bahwa ibu membawa lebih dari satu janin,” ungkap dokter Fakriantini aya Putri SpOG, dari RSU Prikasih, Jakarta.

Meski berat badan bertambah,  sebaiknya ibu hamil tetap menjaga pola makan yang baik. Sebab, dalam penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menyarankan agar ibu hamil kembar menambah berat badannya 6-12 kilogram sampai akhir kehamilan.

Cepat lelah

Kehamilan kembar menyebabkan peningkatan sirkulasi hormon di dalam sistem tubuh.  “Karenanya, frekuensi berkemih lebih sering, payudara terasa lebih bengkak, rasa lapar sepanjang hari, dan cepat lelah,” lanjut dokter yang berpraktik di RSU Zahirah, Jakarta. Rasa lelah ini bisa disebabkan oleh stres, pekerjaan atau berbagi nutrisi dan perhatian kepada anak lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement