Kamis 23 Apr 2015 18:47 WIB

Ini Hal Penting yang Perlu Diketahui dari Pasangan

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
Pasangan suami istri
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pasangan suami istri

REPUBLIKA.CO.ID, Sampai di mana kita sudah mengenal pasangan kita, sampai di mana pasangan mengenal kita. Konsep mengenal seperti apa yang kita miliki dan kita lakukan selama ini?

Coba tanyakan hal tersebut ke diri sendiri. Anda mungkin akan terkejut dengan jawabannya.

"Banyak pasangan yang merasa sudah saling mengenal satu sama lain, tapi bagaimana dan siapa sebenarnya pasangan kita. Apa kalian tahu?" ujar Indra Noveldy, konsultan hubungan, saat ditemui dalam acara Molto, Kamis (23/4).

Banyak dari pasangan yang sebenarnya belum mengenal siapa sebenarnya kekasihnya itu. Banyak juga yang merasa sudah mengenal pasangannya karena sudah merasa akrab dengan teman-teman pasangannya, tahu semua aktivitasnya, sudah kenal dengan keluarganya, tahu apa hobinya, tahu makanan favoritnya, tahu apa yang membuatnya marah, tahu apa yang membuatnya senang. Indra menambahkan, tapi apa sebatas itu saja seseorang mengenal pasangannya.

Sejauh mana seseorang mengenal pasangannya, sangat penting ujar Indra. Dari situ, sambung dia, kualitas hubungan bisa diukur. Ia pun mengajak setiap pasangan mencari tahu lebih dalam, bagaimana dan siapa sebenarnya pasangannya.

Ada beberapa hal yang wajib diketahui dari pasangannya. Yakni, masa lalunya seperti apa, masa kecilnya bagaimana, keluarganya seperti apa, dia dibesarkan dengan cara bagaimana, nilai-nilai apa yang dia pegang, dan trauma-trauma apa yang dia miliki.

Dari beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui dari pasangan tersebut, benang merahnya adalah komunikasi. Pasangan perlu memiliki keberanian untuk bertanya ke satu sama lain dan kesediaan untuk menjawabnya.

Indra mengatakan, lamanya suatu hubungan tidak menjamin kelanggengan dan saling memahami. Diperlukan keterbukaan satu sama lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement