Selasa 21 Apr 2015 13:14 WIB

Mulai Makanan Sehat? Begini Caranya

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan sehat
Foto: Republika/Amin Madani
Makanan sehat

REPUBLIKA.CO.ID, LOWA -- Memiliki tubuh yang sehat tidak hanya didapat  dengan berolahraga saja. Asupan Makanan menjadi faktor penting penenentu kesehatan tubuh saat beraktivitas. Sayangnya, di era sekarang, menemukan makanan sehat cenderung lebih sulit dilakukan.

Berikut ini tips yang diberikan Sheree Clark (host TV, konsultan kesehatan, dan chef vegetarian) memilih bahan makanan yang sehat, dilansir dari The Des Moines Register, Selasa (21/4).

Pertama, Anda harus waspada terhadap bahan kimia yang dulunya dinyatakan aman dimakan, namun belum tentu benar-benar aman secara kesehatan. Banyak Pestisida yang sudah terdaftar, tetapi tetap bisa menimbulkan kanker atau penyakit lainnya.

Kedua, Anda harus mencuci bersih makanan. Dalam penelitian EWG, pestisida sering kali tetap menempel meski produk dicuci bahkan saat sudah dikupas.

Ketiga, mengacu pada Dirty Dozen and Clean 15, diprioritaskan untuk makan makanan organik. Bagaimanapun makanan organik akan lebih sehat daripada mengkonsumsi permen atau keripik.

Keempat, jangan beranggapan bahwa harga produk organik lebih mahal daripada non-organik. Pada kenyataan, harganya tidak terlalu jauh.

Kelima, tidak semua produk organik memiliki rasa yang baik, disarankan untuk mencicipi produk yang sesuai dengan selera.

Keenam, simpanlah bahan makanan dengan benar agar kesegarannya bertahan lebih lama. 

Ketujuh, belilah produk makanan pada musimnya karena selain harganya murah, stok dari produk tersebut juga banyak. Sehingga menghindari produk yang tidak segar dan tidak enak dimakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement