Ahad 19 Apr 2015 14:02 WIB

Hamil Lagi Setelah Pernah Operasi Sesar

Hamil
Foto: flickr
Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Ada pendapat yang menyatakan bahwa satu kali melahirkan dengan operasi sesar akan selamanya memerlukan sesar. “Sekarang timbul pemikiran, jika sesar pada kelahiran pertama bukan disebabkan oleh kesempitan panggul, maka persalinan berikutnya tidak harus sesar,” kata Dr. Sarsanto, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Jika penyebab operasi sesar pada bayi pertama adalah gangguan kehamilan, seperti plasenta previa, atau kelainan letak janin, metode persalinan normal bisa dijalankan jika kondisi tersebut tidak dijumpai pada kehamilan kedua.

Konsultasikan kepada dokter kandungan seputar metode persalinan yang tepat bagi Anda. Kekhawatiran lain yang dialami wanita yang pernah melahirkan secara sesar adalah bekas operasi yang akan terbuka. Anda tidak perlu cemas karena luka akibat bukaan operasi itu akan sembuh dalam waktu 3-6 bulan dan akan menutup dengan sangat kuat. Para dokter menyarankan ibu agar menunggu 2 tahun setelah persalinan caesar untuk kembali hamil. Hal itu dilakukan demi memberi kesempatan tubuh untuk beristirahat dan kembali prima.

Kehamilan kedua setelah menjalani operasi sesar bukan hal yang perlu Anda takutkan. Jika Anda menginginkan tambahan anggota keluarga dan menurut dokter Anda tidak punya alasan medis yang dapat menghalangi kehamilan, silakan menjalani kehamilan kedua dengan tenang. Dan bukan tidak mungkin, kali ini Anda dapat merasakan persalinan normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement