Rabu 15 Apr 2015 10:38 WIB

Kombinasi Dua Bahan Ini Hasilkan Ramuan Masker Rambut

Rep: MGROL 38/ Red: Indira Rezkisari
Susu dan telur bisa jadi bahan untuk masker rambut bagi mereka yang berambut panjang.
Foto: motaen
Susu dan telur bisa jadi bahan untuk masker rambut bagi mereka yang berambut panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, Perawatan rambut terbaik tak melulu mengharuskan kita merogoh kocek dalam-dalam. Sebab ada banyak cara mudah sekaligus murah dalam merawat rambut Anda, misalnya saja dengan membuat masker rambut dari bahan-bahan alami yang mudah didapat. Asal rajin dan rutin, efek pemakaian masker rambut alami pun bisa setara dengan perawatan di salon.

Berikut beberapa tips membuat masker rambut yang bisa Anda terapkan di rumah, dilansir Allwomenstalk, Rabu (15/4).

Masker alpukat dan mayones

Ini bukan mitos. Mayo dan alpukat benar-benar baik untuk nutrisi rambut Anda. Inilah yang perlu disiapkan: ambil mayones dan sebuah alpukat lembut. Aduk semuanya lalu aplikasikan ke rambut, terutama pada kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air dingin, dan Anda pun akan terlihat berbeda.

Masker lemon dan minyak zaitun

Masker ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kepala kering serta rambut yang kusam. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan jus lemon, dua sendok makan minyak zaitun serta dua sendok makan air, kemudian aduk merata. Setelah itu, pijatkan masker ke kulit kepala Anda yang telah dibasahi. Tunggu selama 20 menit lalu bilas bersih. Perawatan ini dapat dilakukan seminggu sekali.

Masker madu dan minyak zaitun

Tak hanya lezat dimakan, madu juga dapat membantu memperbaiki rambu kering yang rusak akibat terpaan sinar matahari. Cukup siapkan setengah gelas madu, lalu aplikasikan pada rambut yang telah dibasahi. Tunggu selama 20 menit, kemudian bilas bersih. Anda juga bisa menambahkan 1 hingga 2 sendok makan minyak zaitun untuk menetralisir lengket madu.

Namun jika ingin lebih ekstrim, Anda bisa mencoba menambahkan 1 hingga 2 sendok makan bahan-bahan kaya protein seperti alpukat atau kuning telur. Masker ini membantu menutrisi rambut Anda sehingga terlindungi dari sinar UV. Pemakaian masker ini yaitu sebulan sekali.

Masker susu dan telur

Jika Anda berambut panjang, bisa menggunakan satu atau dua telur, dan jangan lupa untuk memisahkan kuning dan putih telurnya. Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan kuning telur dengan segelas susu serta dua sendok makan minyak zaitun, lalu tambahkan perasan lemon. Aplikasikan pada kulit kepala dari akar hingga ujung rambut. Setelah itu, bungkus kepala anda dengan shower cap untuk menahan air yang menetes dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin atau air hangat untuk hasil terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement