Senin 13 Apr 2015 16:58 WIB

Cantik dengan Masker Rambut Murah Berbahan Alami

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Masker rambut (ilustrasi)
Masker rambut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terlalu sering keramas dan melakukan proses styling pada rambut dapat menjadikannya kering, rusak, dan bercabang.

Tak perlu khawatir harus membuang kocek mahal untuk perawatan di salon. Anda bisa melakukan perawatan alami dengan memberikan masker pada rambut.

Penggunaan masker pada rambut tentu akan membuat rambut Anda lebih sehat dan lembut. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena bahan-bahannya juga sering ada di dalam dapur.

Dilansir dari eHow, Senin (13/4), ada beberapa minyak yang bisa dijadikan bahan untuk masker bagi rambut Anda.

Minyak Kelapa

Menurut sebuah studi dari Journal of Cosmetic Science, minyak kelapa sangat efektif untuk mencegah kerusakan pada rambut. Minyak ini sangat bagus digunakan ketika rambut kehilangan protein pascaperawatan pengobatan. Berperan sebagai kondisioner membuat rambut Anda lebih lembut karena memberikan kelembaban pada kulit kepala.

Gunakan sekitar satu sendok makan minyak kelapa lalu balurkan merata pada rambut. Gosok dan pijat secara lembut lalu biarkan semalam. Esok hari bilas dan rasakan rambut Anda yang lebih halus. Lakukan dua kali seminggu jika rambut Anda tergolong kering.

Minyak Argan

Minyak argan cocok untuk merawat rambut yang tergolong kusam. Minyak ini mengandung lemak lebih sedikit dibanding minyak nabati lainnya. Cocok digunakan pada ujung-ujung rambut bagi pemilik kulit kepala berminyak. Sedangkan untuk kulit kepala kering, mungkin bisa menambah beberapa tetes untuk menghasilkan kelembaban dan menjadikan rambut berkilau.

Untuk penggunaannya bisa sebelum keramas dengan mengusapkan beberapa tetes minyak argan pada rambut Anda. Diamkan selama satu malam lalu cuci dengan menggunakan sampo keesokan harinya. Setelah keramas juga bisa digunakan sebagai tambahan nutrisi rambut dengan cara menggosokkan pada ujung-ujung helaian rambut.

Selain dua minyak tadi, Anda juga bisa menggunakan minyak jojoba, alpukat, dan almond. Ini semua adalah pilihan yang sangat baik untuk segala jenis rambut. Untuk perawatan minyak yang lebih mahal bisa dengan menggunakan minyak mawar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement